Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penderita HIV/AIDS Makin Mencemaskan

Kompas.com - 19/07/2008, 09:25 WIB

DENPASAR, SABTU - HIV/AIDS di Indonesia memasuki tingkat epidemi terkonsentrasi, dengan jumlah penderita yang terus mengalami peningkatan. "Penderita secara komulatif penderita AIDS tercatat 11.141 kasus dan HIV 6.066 kasus," kata Ajianto dari Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) di Denpasar, Sabtu (19/7).

Menjelang pertemuan regional untuk merumuskan dan mengagendakan kegiatan bersama di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur dalam penanggulangan HIV/AIDS, ia mengatakan, hampir seluruh kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia melaporkan adanya kasus HIV/AIDS. Dari laporan tersebut menunjukkan adanya laju pertambahan infeksi HIV/AIDS dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.

Oleh sebab itu, diperlukan adanya respons secara nyata, efektif, dan efisien dalam menurunkan epidemi melalui pendekatan yang komprehensif dengan melibatkan masyarakat dan semua pihak. Ajianto menambahkan, untuk merumuskan dan mengagendakan kegiatan bersama dalam menanggulangi HIV/AIDS diadakan pertemuan secara regional.
    
Pertemuan pengurus KPA untuk Provinsi Bali, NTB, dan NTT dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, selama empat hari, 21-25 Juli 2008, dan melibatkan 113 peserta. "Pertemuan tersebut rencananya dihadiri sekretaris KPAN Dr Nafsiah Mboi dan seluruh pengurus KPA kabupaten/kota di tiga provinsi tersebut," ujar Ajianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com