Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Kiat Sukses Berperan Ganda (2)

Kompas.com - 08/12/2008, 13:44 WIB

Banyak wanita yang kini berperan ganda. Sebagai ibu rumah tangga dan wanita karier. Masalah yang sering muncul adalah, susahnya menyeimbangkan dua tugas tersebut. Berikut sejumlah kiat untuk Anda.

7. Komunikasi Dengan Guru si Kecil
Komunikasi dengan setiap guru yang mengajar anak Anda atau wali kelasnya akan membantu Anda mengetahui perkembangan pendidikan dan mengenali karakter si kecil. Jika Anda kesulitan mengajarkan suatu hal pada si kecil, misalnya pekerjaan rumah, Anda bisa meminta saran kepada para guru.

8. Melibatkan Diri Dalam Kegiatan Anak dan Suami
Libatkan diri Anda dalam kegiatan mereka. Untuk si kecil, Anda bisa bergabung dengan perkumpulan orangtua murid di sekolahnya. Hal ini merupakan salah satu sarana untuk mengawasi dan memantau kegiatan si kecil. Sedangkan untuk suami, tak ada salahnya Anda menerima ajakan suami menghadiri acara-acara yang dihadiri oleh rekan-rekan kerjanya. Karena Anda perlu juga mengenal dengan siapa saja suami Anda bekerja.

9. Gunakan Kecanggihan Teknologi
Agar kehidupan Anda lebih mudah dan teratur, jangan ragu untuk menggunakan kecanggihan teknologi, mulai dari alat-alat komunikasi seperti handphone hingga peralatan rumahtangga seperti mesin cuci, microwave, dan rice cooker. Jika Anda kangen dengan teman-teman dan tak punya waktu untuk bertemu dengan mereka, kenapa tak telepon atau kirim SMS mereka saja. Luangkan sedikit waktu Anda, saat makan siang misalnya, untuk menelepon teman-teman atau mengirim surat elektronik (email). Sebagai variasi, kirimkan juga kartu ucapan elektronik (egreeting) saat mereka berulangtahun.

10. Rileks
Anda perlu rileks dan melakukan hal yang bisa menyenangkan diri sendiri. Untuk waktu, bisa Anda sesuaikan dengan jadwal harian. Membaca novel atau majalah, duduk di sofa empuk sambil ngemil, mendengarkan musik atau nonton film favorit merupakan beberapa alternatif. Jika Anda memang tak punya waktu untuk melakukannya, kamar mandi bisa menjadi tempat untuk menyenangkan diri. Berendam dalam air hangat, luluran, maskeran, dan creambath bisa jadi aktivitas yang menyenangkan. Alternatif lain, ajak saja seluruh anggota keluarga untuk berlibur di akhir pekan. Jika Anda sekeluarga hobi nonton, pilih film yang sesuai untuk segala umur.

11. Bagi Tugas
Ini merupakan hal terpenting. Agar Anda tak kelabakan melakukan peran ganda, sebaiknya bagilah tugas rumah untuk seluruh anggota keluarga Anda, terutama suami. Misalnya, jika Anda bertugas mengantar anak-anak berangkat ke sekolah, mintalah suami Anda untuk membayar tagihan telepon dan listrik ke bank. Agar berjalan mulus, Anda perlu membuat kesepakatan dengan suami tentang tugas apa saja yang harus Anda berdua lakukan.

Jika suatu saat Anda atau suami Anda tak bisa melakukan 'tugas' lantaran ada keperluan mendadak, segera katakan agar bisa dicari solusinya. Lakukan hal yang sama bagi si kecil. Ajari dia menyusun jadwal harian untuk mengajarkan kedisiplinan padanya. Biasakan si kecil melakukan aktivitas yang bisa mereka lakukan sendiri, seperti menyisir rambut, berpakaian, atau mengikat tali sepatu.

12.Nikmati Peran Ganda Anda
Tak jarang peran ganda Anda menimbulkan persepsi dan pertanyaan dari orang-orang sekitar Anda, antara lain orangtua dan teman. Misalnya, ibu Anda yang berkomentar, "Sebaiknya kamu enggak usah kerja lagi agar punya waktu untuk ngurusin anak dan suami." Pernyataan ibu Anda ini mungkin membuat Anda merasa bersalah karena hal itu benar adanya. Tapi sebaiknya Anda buang jauh-jauh perasaan itu.

Meski orangtua Anda adalah orang yang telah berpengalaman dalam membesarkan Anda, tapi mereka tidak tahu bagaimana sebenarnya kehidupan Anda. Ingat, Anda punya hak untuk menentukan jalan hidup Anda. Namun bila perasaan 'bersalah' tersebut justru datang dari diri Anda, misalnya Anda merasa keluarga kurang memberi dukungan, cobalah untuk membuat sedikit perubahan. Sederhanakan jadwal harian Anda, kurangi cuti atau beralih profesi. Yakinlah bahwa Anda melakukannya demi kepentingan Anda sekeluarga dan bukan untuk menyenangkan orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com