Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Sehatkah Cara Anda Menyiapkan Makanan?

Kompas.com - 10/05/2009, 14:57 WIB

KOMPAS.com - Hindari insiden di dapur dengan memerhatikan hal penting pada setiap aktivitas. Mulai dari menyiapkan, memasak, hingga menyimpan hasil masakan.

Persiapan
*Bak cuci piring adalah bagian terkotor dari dapur. Maka, hindari mencuci sayuran langsung menyentuh bak cuci piringnya. Gunakan wadah terpisah yang dilengkapi saringan.
*Kenakan sarung tangan plastik saat memotong cabai dan bawang. Ini efektif untuk menghindarkan kulit dari rasa panas. Juga untuk menjaga agar bau pedasnya tak bercampur ke makanan lain.
*Pisau yang tajam adalah pilihan terbaik. Gunakan untuk memotong bahan apapun. Pisau tumpul bisa membuat tangan tergelincir saat mengiris, dan terluka.

Saat memasak
*Kontaminasi pada makanan dapat diminimalkan dengan cara memakai tangan yang berbeda, untuk mengambil bahan masakan. Misalnya, tangan kanan untuk mengambil daging mentah, dan tangan kiri untuk mengambil bumbu.
*Blender tak boleh diisi penuh. Masukkan bahan-bahan hingga memenuhi setengah wadah blender, agar hasilnya tak tumpah.
*Talenan harus selalu dicuci setelah digunakan. Tambahkan 1 tutup botol sabun pencuci piring, lalu bersihkan hingga kotoran hilang. Jika perlu, bilaslah dengan air panas. Perlu diingat: Jangan gunakan satu talenan untuk semua jenis bahan makanan.

Penyimpanan
*Bahan makanan yang mudah rusak sebaiknya disimpan di bagian paling dalam kulkas, yang suhu dinginnya lebih stabil. Hal ini untuk mencegahnya terlalu sering terkena udara luar kulkas, yang dapat lebih cepat menurunkan kualitas makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com