Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Bahasa dan Logika, Matematika Tidak Akan Rumit!

Kompas.com - 18/05/2009, 14:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Matematika sering dianggap momok, ilmu yang sulit dipelajari dan membosankan. Tetapi, dengan pendekatan berbeda seperti mamakai bahasa dan logika pada soal cerita, Matematika justeru ilmu yang menyenangkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pria Saptono, Koordinator Acara kompetisi internasional Matematika bertajuk 'Gauss Contest 2009-Canadian Mathematics Competition', yang digelar oleh Sevilla School, Sabtu (16/5) di Jakarta. Pria mengatakan, dengan membiasakan diri memakai metode pembelajaran bahasa dan logika pada soal cerita, kemampuan siswa tidak lagi dibentuk dengan cara hanya menghapal rumus atau menghitung. 

"Belum mulai belajar pun siswa biasanya sudah malas duluan ketika melihat hapalan rumus yang tampak rumit dan hitungan yang sulit. Tetapi melalui pemahaman materi lewat kemampuan bahasa dan nalarnya, siswa justeru merasa lebih nyaman dan senang untuk mendalami materi," ujar Pria, di sela kompetisi.

Sebagai tolak ukur, Pria membandingkan cara sederhana dalam menawarkan metode pembelajaran kepada para siswa. Di Amerika Serikat (AS) misalnya, kata Pria, kemampuan bahasa adalah nomor satu, sementara Matematika nomor dua.

Tidak mengherankan, penekanan itu membuat siswa di AS lebih mudah memahami Matematika. "Di sini malah terbalik, kita menjadikan Matematika nomor satu dan Bahasa Indonesia atau Inggris nomor dua," tandas Pria, yang juga guru Matematika di Sevilla School.

Berdasarkan hal itulah, Pria mengatakan, perlunya menerjemahkan materi-materi pelajaran Matematika dalam konsep teori bahasa, baik itu dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris. Lain halnya di Singapura, tambah Pria. Di sana, guru menerjemahkan aljabar dengan gambar-gambar dan teks yang kerap mereka sebut dengan nama 'unit'.

"Karena bahasa berfungsi sebagai alat pemahaman paling mudah dan sederhana, soal cerita bisa menyesuaikan berbagai kasus Matematika, sementara jika tetap dengan rumus belum tentu siswa bisa memahaminya," tambah Pria.

Kendala

Kurikulum adalah kendala, yang menurut Pria cukup membuat metode ini belum bisa sepenuhnya diterapkan. Di Sevilla School, misalnya, selain menggunakan kurikulum Cambridge, pengajaran Matematika juga masih berbekal pegangan dari kurikulum Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). "Tetapi yang dari Diknas itu adalah pembelajaran dengan pendekatan teori saja, praktiknya bisa kami lakukan dengan bermacam cara," tandas Pria.

Sebaliknya, sejauh ini, pengajaran masih dipenuhi beragam kegiatan yang bersifat verbalistik dan mekanis. Materi dan strategi pembelajaran yang dipilih terarah dan terfokus pada upaya peningkatan kemampuan intelektual siswa, yaitu cara berpikir kritis dan kreatif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com