Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Calon Siswa Baru di Jakarta Gratis

Kompas.com - 02/06/2009, 20:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerimaan calon siswa baru di tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) negeri di Jakarta pada tahun pelajaran 2009/2010 gratis. Khusus SMA, pendaftaran gratis hanya diberlakukan untuk para siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Kamalludin menjelaskan, biaya pendaftaran hanya dibebankan kepada calon siswa SD Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) dan siswa SMA dari keluarga yang mampu.

Sekolah di luar SRBI dan siswa SMA yang mampu, tidak boleh dibebani uang pendaftaran dengan alasan apapun, papar Kamalludin, Selasa (2/6) malam.

Menurut Kamalludin, calon siswa SMA kurang mampu harus menyertakan bukti berupa keterangan keluarga tindak mampu dari RT atau lurah setempat.

Kamalludin menjelaskan, setiap siswa diberi kesempatan mendaftar di lima sekolah.Semenentara bagi mereka yang berprestasi dapat mendaftar di mana saja tanpa harus mengikuti tes masuk sekolah terlebih dulu.

"Khusus bagi siswa dari luar DKI mendapat kuota sebesar lima persen dari kursi yang tersedia di setiap sekolah masing-masing," ujar Kamalludin.

Tanpa tes

Kamaluddin mengatakan, pada penerimaan siswa tahun ajaran baru ini berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Mulai tahun ini, siswa berprestasi khususnya dari SD atau SMP akan diberikan kemudahan. Mereka bisa mendaftar di mana saja langsung diterima

"Mereka (siswa berprestasi-red) bisa langsung diterima di sekolah mana saja tanpa harus mengikuti tes masuk terlebih dulu seperti dilakukan siswa lainnya," ujar Kamaludin.

Tahun ajaran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com