Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Gorontalo Makin Gemari Vasektomi

Kompas.com - 06/06/2009, 13:53 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com — Vasektomi, yang merupakan salah satu program Keluarga Berencana (KB), kini kian diminati oleh kalangan pria di Gorontalo.
     
Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo, jumlah pria yang mengikuti program KB Vasektomi pada 2009 mengalami peningkatan.
     
"Kini jumlahnya mencapai 1.314 pria, ini baru peserta yang berasal dari dua wilayah, yakni Kabupaten Bone Bolango dan Kotamadya Gorontalo," ujar Kepala BKKBN Gorontalo Nofrijal di Gorontalo, Sabtu (6/6).
     
Ia mengatakan, vasektomi merupakan program KB yang dilakukan dengan jalan memotong dan mengikat saluran benih pada alat reproduksi pria sehingga sel benih yang diproduksi tidak bisa keluar, tetapi terbendung.
     
Ia menambahkan, sebagian besar pria yang mengikuti program KB vasektomi di wilayah itu berasal dari kalangan masyarakat ekonomi lemah. Pihaknya sendiri hingga kini masih terus menyosialisasikan, bahkan menggratiskan program KB khusus pria tersebut.
     
"Kami telah melakukan putaran pertama program vasektomi gratis pada setiap kabupaten dan kota di Gorontalo sejak 4 Juni yang lalu, dan akan berakhir di Kabupaten Boalemo dan Pohuwato pada 9 Juni mendatang," kata dia.
     
Sebelumnya, pada 2008, pihaknya juga mencatat terjadi peningkatan jumlah pria yang mengikuti program KB vasektomi, yakni sebanyak 114 orang, dari yang ditargetkan, 102 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com