Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orgasme Bikin Hidung Mampet

Kompas.com - 20/06/2009, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Seorang rekan Kompas.com menceritakan, saat sedang berhubungan intim dengan suami dan ia mengalami orgasme, hidungnya mampet sehingga sulit bernafas. Padahal ia tidak sedang flu. Kondisi hidungnya berangsur-angsur pulih setelah ia mulai mengatur nafas.

Kondisi seperti ini, menurutnya, cukup sering terjadi meskipun ia tidak dapat mengingat kapan serangan mampet itu mulai terjadi. Apakah terjadi menjelang orgasme, atau saat tepat mencapai puncak. Teman ini menduga saat itu terjadi dorongan aliran darah pasca orgasme, namun mengapa hal ini terjadi begitu tiba-tiba?

Ternyata, kondisi hidung mampet saat orgasme juga dialami oleh sebagian wanita lain di dunia (sebagian mungkin tidak menyadarinya).

Padahal yang umum terjadi, mengalami orgasme justru biasanya akan memperbaiki kondisi sinus, setidaknya untuk sementara. Hal ini menunjukkan bahwa memang benar seks bisa menjadi semacam "obat" bagi kondisi medis kita. 

Orgasme dapat melegakan sinus karena kita dipacu adrenalin, jelas Dr. Jordan Josephson, direktur New York Nasal and Sinus Center, dan penulis Sinus Relief Now. Adrenalin menyebabkan jaringan di dalam hidung mengkerut, membuka jalan bagi udara untuk masuk dengan cara yang menyenangkan.

Bila yang terjadi adalah kebalikannya (hidung mampet saat orgasme), menurut Josephson, kemungkinan karena Anda memiliki polip yang menemukan "jalannya" di sana, dan memerangkapkan dirinya di dalam jalan masuk pernafasan atau sinus. Selama hubungan seksual berlangsung, tergantung pada posisi Anda, polip mungkin jatuh ke jalan masuk sirkulasi udara dan hal itulah yang bisa menyebabkan penyumbatan.

Josephson menjelaskan bahwa polip bisa disebabkan oleh peradangan jaringan lunak pada rongga hidung yang disebabkan infeksi, atau mungkin alergi, dan kemudian bertahan di sana setelah infeksi berlalu. Polip tidak selalu merupakan pertanda adanya penyakit kanker, seperti polip usus besar, sehingga Anda tak perlu terlalu mengkhawatirkannya.

Jika Anda ingin tahu apakah Anda memiliki polip, Anda bisa berkonsultasi dengan otolaryngologist. Polip bisa disembuhkan dengan obat-obatan oral dan obat semprot, namun jika sudah parah harus dilakukan operasi pengangkatan polip. Nah, jika sejak awal Anda bisa menyembuhkan polip, tentu Anda akan dapat bernafas lebih lega. Tak terkecuali jika sedang happy menjalani hubungan intim dengan suami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com