Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Sejahtera Setelah Vasektomi

Kompas.com - 22/06/2009, 15:06 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Kesadaran suami di Medan mengikuti program Keluarga Berencana (KB) dilaporkan meningkat, terbukti dari Januari-Mei 2009 tercatat 286 suami menjalani vasektomi guna mengantisipasi beban hidup yang kian tinggi karena memiliki anak banyak.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB (BPP-KB) Kota Medan, Nahruddin Lubis di Medan, Senin (22/6), mengatakan, banyaknya suami mengikuti program KB vasektomi, yang kehidupan ekonominya kurang beruntung seperti bekerja sebagai buruh kasar dan sopir angkot.

Namun antusias masyarakat terhadap program KB cukup tinggi. "Mereka yang mengikuti program KB rata-rata baru mempunyai dua anak," katanya.

Dari data BPP-KB, saat ini sedikitnya 286 orang suami menjadi peserta KB, yang tersebar pada 21 wilayah kecamatan di kota Medan. "Untuk mengikuti program KB, perlu kesadaran masyarakat, tidak bisa melalui paksaan," ucapnya.

Kesadaran seperti ini tumbuh ketika instansi tersebut melaksanakan kegiatan Metode Operasi Pria atau vasektomi dari Januari hingga Mei 2009 ini sebanyak 286 suami mengikuti vasektomi.

BPP-KB sendiri, sebenarnya lebih menyarankan untuk ber-KB vasektomi, karena cara ini dianggap bentuk proaktif suami yang istrinya tidak cocok menggunakan sejumlah alat kontrasepsi.

Program nasional tersebut harus disikapi dan diimplementasikan pemerintah daerah. Program ini, merupakan program rutin BPP-KB untuk menekan jumlah dan membantu mengatasi lonjakan penduduk.

BPP dan KB Medan juga akan memberikan bantuan biaya bagi warga yang ikut program KB vasektomi untuk meningkatkan kesejahteraannya dalam usaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com