Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Kecil tapi Menjengkelkan

Kompas.com - 01/09/2009, 17:41 WIB

KOMPAS.com - Banyak gangguan aneh yang kerap terjadi pada tubuh kita, misalnya vertigo atau sakit kepala mendadak setelah menyantap es krim. Dan masih banyak lagi. Sebenarnya apa yang sedang terjadi pada tubuh?

Sakit Kepala karena Es Krim
Seringkali sakit kepala mendadak timbul saat kita sedang menikmati es krim. Hal ini terjadi ketika sesuatu yang dingin menyentuh saraf di langit-langit mulut yang akan merangsang pembuluh darah di kepala bagian depan mengerut sehingga menimbulkan rasa sakit. Untuk mengatasinya, tekan lidah ke bagian langit-langit mulut agar saraf di bagian ini kembali hangat.

Vertigo
Kalau serangan vertigo datang, ruangan serasa berputar disertai rasa mual. Penyebabnya bisa karena peradangan yang terjadi di telinga bagian dalam atau turunnya aliran darah ke bagian otak. Vertigo bisa datang mendadak, terjadi selama beberapa menit, tapi bisa juga sejam. Untuk mengobatinya, harus diketahui dulu apa penyebab vertigo.

Cegukan
Cegukan merupakan kontraksi diafragma (otot pernapasan yang berada di bawah paru-paru) yang tidak terkontrol. Makan terlalu cepat, alkohol berlebihan atau menelan udara bisa menyebabkan cegukan. Biasanya cegukan akan hilang dengan sendirinya, tetapi Anda bisa mempercepat hilangnya cegukan dengan cara minum air secara cepat atau menahan napas.

Pengeng
Setelah berkendara jauh, naik pesawat, atau berada di dataran tinggi, seringkali kuping menjadi pengeng. Menguap bisa menghilangkan gangguan ini. Dengan menguap kita menyeimbangkan tekanan antara bagian dalam dan luar gendang telinga dengan perubahan ketinggian. Hal ini terjadi karena tabung yang menghubungkan telinga bagian tengah dan bagian belakang kerongkongan terbuka sehingga udara bisa masuk. Selain menguap, pengeng juga bisa dihilangkan dengan cara mengunyah permen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com