Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gigi Kawat yang Terawat

Kompas.com - 13/09/2009, 16:34 WIB

KOMPAS.com - Sebenarnya, penggunaan kawat gigi berfungsi untuk memperbaiki posisi gigi kita yang tidak benar (proporsional) dan tidak rata. Hal itu banyak dilakukan untuk mendapatkan senyum manis yang sempurna. Perawatan yang tidak baik justru menjadi pemicu terjadinya kerusakan pada kawat dan gigi itu sendiri, sehingga membuatnya menjadi tidak nyaman waktu dipakai. Mempelajari dasar-dasar pemeliharaan kawat gigi dapat membantu untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

1. Bersiap untuk menyikat gigi. Lepaskan semua “aksesori” pendukung, seperti karet gigi dan peralatan orthodontik lainnya sebelum menyikat gigi.

2. Bersihkan kawat. Genggam sikat gigi dan buat sudut 45 derajat untuk membersihkan kotoran dan plak yang ada di daerah sekitar kawat dan pin. Lakukan gerakan menyikat dari atas ke bawah pada setiap gigi. Ambil waktu sedikit untuk memastikan semua plak dan kotoran sudah tuntas dibersihkan. Lakukan hal yang sama pada gigi di bagian geraham lainnya.

3. Sikat gigi. Bersihkan tiap gigi kita satu-persatu. Pertama, arahkan sikat gigi kita 45 derajat ke arah gusi, lakukan penyikatan dengan gerakan memutar secara perlahan-lahan selama 10 detik. Lakukan gerakan ini pada semua bagian permukaan gigi (depan dan belakang). Turunkan sikat jika perlu untuk menggapai  bagian dalam dari gigi depan yang kecil.

4. Rutin flossing. Gunakan benang gigi yang sudah didesain untuk gigi berkawat. Lakukan secara rutin 1 kali sehari.

5. Cuci dan periksa. Berkumurlah dengan air atau obat kumur. Setelah selesai, periksa kembali gigi kita di depan kaca untuk memastikan semua bagian sudah bersih.

(Astrid Anastasia/Prevention Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com