Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyeri Punggung Ganggu Kenyamanan

Kompas.com - 16/09/2009, 14:42 WIB

KOMPAS.com - Salah satu keindahan yang dimiliki wanita adalah payudara. Payudara yang terawat dapat menambah nilai penampilan kita. "Cara merawatnya, antara lain dengan memilih bra yang tepat," jelas Fenny, pemilik usaha Elling Bra.

Manfaat lain dari pemilihan bra yang tepat adalah menjaga kesehatan tulang punggung sekaligus menopang beban di payudara dengan baik. Menurut dr. Marjorie Eskay-Auerbach dari North American Spine Society dan SpineCare and Forensic Medicine, nyeri di bagian punggung wanita bisa dikarenakan pemakaian bra yang kurang tepat, sehingga mengganggu kenyamanan sehari-hari.

Langkah antisipasi

* Kenakan bra yang ukurannya pas.
Ukur lingkar dada Anda 2 kali setahun, agar ukuran bra dapat disesuaikan dengan perkembangan berat badan kita yang cenderung tidak stabil. 

* Selalu kenakan bra pada saat beraktivitas.
Tetapi, lepaskan saat tidur. Sebab, payudara dan punggung perlu beristirahat dari semua pakaian yang mengikat. 

* Pilih bra yang dapat menyangga payudara dengan lebih baik.
Jangan memilih bra bertali tipis. Penelitian para dokter dari universitas Texas Southwestern Medical School Dallas menyebutkan, bra bertali tipis dan ketat menyebabkan sakit kepala berkepanjangan. Juga, merusak saraf dan menimbulkan nyeri punggung. Saraf punggung dan tengkuk yang membentang dari bahu sampai leher merupakan komponen saraf yang paling penting. Jadi, jagalah jangan "terluka". Termasuk oleh tali bra.

* Saat membeli bra, periksa pengait di bagian punggung, pastikan dapat diatur kelonggarannya.
Tujuannya, agar punggung tak sakit karena pemakaian bra yang terlalu ketat. 

* Hindari cedera punggung dengan memperhatikan posisi duduk.
Jangan duduk terlalu lama. Jaga posisi punggung tetap tegak namun rileks, baik saat duduk maupun berdiri. Demikian menurut dr. Tinah Tan, B.Med, B.App.Sc., B. Chiro.Sc., Medical Director Citylife Chiropractic, Jakarta.

 

(Intan Sari Boenarco/Prevention Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com