Modifikasi Busana Muslim dengan Busana Nusantara - Kompas.com

Modifikasi Busana Muslim dengan Busana Nusantara

Kompas.com - 16/09/2009, 18:04 WIB

KOMPAS.com - Berkerudung merupakan salah satu cara bagi wanita Muslim menutup auratnya. Namun, kebanyakan pakaian Muslim di dunia masih berkiblat kepada pakaian wanita Timur Tengah, contohnya kaftan dan tunik. Padahal, Indonesia memiliki berbagai suku yang masing-masing mempunyai pakaian khas daerahnya. Mengapa kekayaan ini tak dimanfaatkan? 

Melihat adanya kekosongan dalam busana Muslim dengan sentuhan busana nusantara, tergeraklah Tini Sardadi dan Amy Wirabudi. Kedua wanita, yang pernah berkolaborasi dalam menuliskan buku-buku seperti Serasi & Gaya Berkerudung dan  Serasi & Gaya Berkain ini, baru saja meluncurkan buku Seri Muslimah. Buku, yang dirilis secara resmi pada Rabu (15/9) di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, ini terdiri atas dua seri, yakni; Seri Muslimah Berbusana Nusantara dan Seri Muslimah Kerudung Khasanah Nusantara.

Kedua perancang ini sepakat bahwa Indonesia, yang merupakan salah satu negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia, sebenarnya mampu  menampilkan tren busana Muslimnya sendiri. Tini dan Amy berkeinginan untuk memadukan busana Muslim dengan busana nusantara, sebagai pilihan wanita Muslim di tanah air. Keduanya lalu menggaet desainer kenamaan Ghea Panggabean untuk mengisi halaman-halaman buku Seri Muslimah.

Disertakannya Ghea dalam pembuatan buku ini tentu berdasarkan pertimbangan khusus. Ghea, salah satu perancang dalam acara Islamic Fashion Festival 2009 Mei lalu, dianggap memiliki pengetahuan dan minat yang tinggi dalam hal busana, kain, sejarah, hingga latar belakang busana nusantara.

“Harapannya buku ini tidak hanya menjadi buku fashion, melainkan dengan cara populer dan stylish mempunyai nilai lebih, karena mengandung hal-hal edukatif. Bagaimana ikut serta melestarikan budaya bangsa dengan mengenal busana dan aksesori nusantara. Buku ini, kami berharap pula, sedikit atau banyak berperan melestarikan budaya nasional kita. Walau ingin berbusana Muslimah, kita tetap dapat memertahankan jati diri budaya busana nasional kita,” pungkas Tini Sardadi.
 
Buku, yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, ini dijual dengan harga Rp 55.000. Seri Muslimah Berbusana Nusantara secara ringkas  merangkum informasi mengenai padu padan busana nusantara dengan kerudungnya. Selain itu juga mengenal aksesori nusantara, dan tips tampil serasi dalam berbusana muslimah. Sedangkan Seri Muslimah Kerudung Khazanah Nusantara memuat ragam gaya dan cara berkerudung yang disesuaikan dengan busana nusantara, sekaligus padu padan menggunakan aksesorinya.

 

Editor

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM