Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos dan Fakta Reproduksi, Hati-hati Keliru

Kompas.com - 06/10/2009, 12:28 WIB

KOMPAS.com — Banyak hal mengenai reproduksi wanita merupakan mitos yang tidak terbukti kebenarannya, terutama mengenai kontrasepsi yang masih menuai kontroversi panjang sampai saat ini.

Mitos ke-1. Anda tidak akan bisa hamil jika berhubungan seks saat menstruasi
Salah! banyak wanita mengganggap bahwa melakukan hubungan seksual tanpa pengaman pada saat menstruasi atau saat awal maupun akhir menstruasi tidak akan menyebabkan kehamilan. Faktanya masih banyak wanita yang bisa saja hamil pada saat terjadinya menstruasi. Mengapa demikian?  Ini karena sperma bisa hidup hingga 5 hari di tubuh seorang wanita dan bila periode menstruasi terlalu pendek (kurang dari 28 hari), jatuhnya masa subur bisa pada saat-saat masa menstruasi kita.

Mitos ke-2. Saya masih dalam periode menyusui sehingga tidak akan bisa hamil.
Salah! benar memang masa subur dan menstruasi jarang terjadi saat anda sedang dalam periode menyusui, akan tetapi suatu saat menstruasi Anda akan kembali dan Anda akan mengalami masa subur tanpa disadari. Jadi kehamilan masih bisa terjadi meskipun Anda sedang menyusui. Sekadar info: banyak dokter menyarankan untuk menunda kehamilan hingga 1 tahun setelah melahirkan.

Mitos ke-3. Pasangan saya selalu ejakulasi di luar, jadi saya tidak akan hamil
Salah! ini adalah salah satu kesalahan paling besar yang wanita percayai karena Anda tetap bisa hamil meskipun pasangan Anda ejakulasi di luar. Kenapa begitu? Karena sebelum ejakulasi itu muncul, sejumlah kecil dari cairan pelumas akan keluar dan cairan itu mengandung sperma, Faktanya: setiap penetrasi vagina dengan penis secara langsung bisa menyebabkan kehamilan meskipun penis ditarik keluar sebelum ejakulasi.

Mitos ke-4. Saya menggunakan pencuci vagina setelah berhubungan seks untuk mencegah kehamilan.
Salah! cukup banyak wanita yang percaya akan hal seperti ini, tapi tidak dan sekali lagi saya tegaskan bahwa cairan pencuci vagina tidak akan mencegah terjadinya kehamilan karena pada saat itu mungkin saja sperma sudah naik ke arah rahim untuk bertemu dengan sel telur Anda! Dan sekedar tip kecil: pencuci vagina bisa menyebabkan iritasi.

Mitos ke-5. Saya tidak akan hamil saat berhubungan seks untuk pertama kalinya
Salah! Oh dear, Anda salah besar jika berpikir demikian. Kemungkinan untuk hamil tetap ada jika Anda sudah mulai mendapatkan menstruasi. Dan tahukah Anda bahwa para wanita muda lebih subur dibandingkan yang sudah cukup berumur sehingga mereka bisa hamil dengan mudahnya. Jangan percaya kata pasangan Anda yang mengatakan bahwa Anda tidak akan hamil saat pertama kali melakukan hubungan seks! Tetap gunakan proteksi jika berhubungan dan play safe.

Mitos ke-6. Saya tak mungkin hamil atau terkena penyakit menular seksual karena telah mengonsumsi pil KB.
Benar dan Salah! Memang benar pil KB merupakan salah satu cara yang efektif sebagai metode penunda kehamilan jika digunakan dengan aturan yang benar. Tetapi pil ini tidak akan memproteksi Anda dari penyakit menular seksual dan hanya satu cara yang benar-benar 100% mencegah kehamilan dan itu adalah dengan melakukan abstinensia atau puasa melakukan hubungan seksual

Mitos ke-7. Saya cuma melakukan hubungan seksual tidak terproteksi satu kali, karena itu Saya tidak mungkin hamil.
Salah! hubungan satu kali cukup untuk membuat kehamilan ataupun menderita penyakit menular seksual bahkan HIV! Jangan biarkan pasangan meyakinkan Anda untuk melakukan hubungan seksual yang nantinya berakibat penyesalan. Ingatlah bahwa resiko yang ada lebih besar daripada kesenangan sesaat.

Mitos ke-8. Saya sudah cukup berumur jadi tidak mungkin hamil
Salah! selama Anda masih mengalami menstruasi, kapanpun Anda akan bisa hamil. Memang benar, semakin bertambahnya usia kesuburan semakin berkurang. Tapi tetapi saja Anda bisa hamil kecuali Anda tidak mengalami menstruasi sampai 1 tahun lamanya.

Mitos ke-9. Saya jarang kok berhubungan seks, jadi tak perlu pil KB.
Salah! Susah untuk menebak kapan Anda akan memerlukan pil KB. Coba alternatif lain, gunakanlah kondom. Sekedar info: sekarang kondom sudah ada beraneka rasa, Anda bisa berkesperimen dengan macam-macam rasa!

Mitos ke-10. Saya mempunyai banyak masalah kesehatan wanita, jadi saya rasa tak mungkin hamil
Salah! Walau seorang dokter menyatakan kamu mungkin tidak akan bisa hamil, kamu TETAP bisa saja hamil. Tetap pakailah pengaman. Fakta yang ada: kenyataannya yang benar-benar 100% efektif untuk mencegah kehamilan adalah dengan tidak melakukan hubungan sama sekali. absitinensia, nol, titik.

Oleh dr. Intan Airlina Febiliawanti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com