Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Jiwa Bipolar Serang Remaja

Kompas.com - 07/11/2009, 13:59 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Penyakit gangguan jiwa bernama bipolar saat ini mulai menyerang remaja Surabaya. Direktur Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya dr Hendro Riyanto Sp KJ MM, di Surabaya, Sabtu (7/11), mengatakan, penyakit gangguan jiwa tersebut bukan disebabkan tekanan psikologis, melainkan karena terjadinya gangguan keseimbangan pada otak.

"Bipolar terjadi secara biologis berupa gangguan di neurotransmitter otak yang berfungsi mengatur keseimbangan," katanya. Penyakit tersebut saat ini sudah menjangkiti sekitar 10 hingga 12 persen remaja di luar negeri.

"Di Surabaya pun saat ini sudah mulai muncul, terutama pada usia 16 tahun ke atas," katanya. Penyakit bipolar merupakan sebuah penyakit gangguan jiwa yang ditandai dengan kecenderungan untuk melakukan dua aktivitas yang berbeda.

"Jika dia sedang mencapai klimaks maka dia akan cenderung untuk melakukan semua aktivitas dan tidak pernah berada di rumah," katanya. "Namun, suatu saat ketika dia sedang mencapai tahap titik antiklimaks (penurunan) maka dia cenderung untuk selalu berdiam diri di rumah."

Penyakit bipolar bisa disembuhkan dengan menggunakan obat dan terapi. "Bipolar bisa sembuh melalui farmakoterapi dan psikoterapi," katanya. Kedua penyembuhan tersebut juga harus bersinergi atau tidak cukup hanya diobati, tetapi juga harus ada terapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com