Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakailah Kondom agar "Serangan Fajar" Aman

Kompas.com - 30/11/2009, 20:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Deputi Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi BKKBN dr Nelly Nangoy MPH mengimbau para pasangan usia subur menggunakan kondom agar "serangan fajar" aman.

”Pakai kondom, serangan fajar aman,” kata  Nelly pada Pekan Kondom Nasional (PKN) di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia lantai 2 Jalan Salemba, Jakarta, Senin (30/11).

Menggunakan kondom pada saat "serangan fajar" dapat menekan angka penularan HIV serta dapat menyelamatkan jiwa. Penyelamatan jiwa ini meliputi mencegah kehamilan yang tidak direncanakan pada ibu dengan HIV. Sebab, penggunaan kondom yang benar dan konsisten mencegah tertularnya infeksi menular seksual (IMS), HIV, dan AIDS.

“Menjaga kesehatan reproduksi adalah hak setiap individu. Salah satu caranya juga menggunakan kondom,” ujar dr Nelly.

Menggunakan kondom adalah cara termudah untuk menjaga kesehatan reproduksi karena kondom mempunyai beberapa kelebihan, antara lain tidak perlu menggunakan resep, murah, mudah didapat, dan mencegah kehamilan tidak direncanakan.

Pekan Kondom Nasional 2009 ini berlangsung pada 30 November-7 Desember. Selama PKN akan digelar beragam kegiatan antara lain pembagian materi KIE (komunikasi, informasi, dan edukasi) di kampus-kampus dan tempat hiburan.

Kegiatan tersebut bertujuan mengampanyekan manfaat penggunaan kondom laki-laki dan perempuan pada kegiatan seksual berisiko, baik untuk mencegah IMS, HIV, maupun mencegah kehamilan yang tidak direncanakan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com