Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Memiliki Tahi Lalat Negatif

Kompas.com - 02/12/2009, 11:09 WIB

KOMPAS.com - Tahi lalat atau Nevi, merupakan pertumbuhan kulit dalam kapasitas kecil dan berwarna gelap. Proses ini berasal dari sel-sel penghasil pigmen (melanosit) di kulit. Jika Anda awalnya tidak mempunyai tahi lalat, lalu tiba-tiba muncul, jangan panik, karena itulah yang dimaksud pertumbuhan kulit.

Orang-orang dulu mengatakan, tahi lalat berasal dari gigitan nyamuk. Hal ini bisa benar, bisa salah. Sebab, bisa saja bekas gigitan nyamuk itu menjadikan rangsangan pada pertumbuhan kulit kita. Sel-sel penghasil pigmen itu berkumpul dan membuat lingkaran hitam di kulit, jadilah tahi lalat. Bisa salah karena, tidak semua gigitan nyamuk bisa mempengaruhi sel-sel tersebut. Ukuran tahi lalat bervariasi, bisa mendatar atau menonjol. Begitu juga permukaannya, bisa lembut atau kasar. Malah ada juga yang berambut.

Hampir semua orang memiliki sekitar 10 buah tahi lalat di badannya. Enggak percaya? Silakan cek. Tahi lalat itu tumbuh semenjak kita masih kanak-kanak hingga berusia lanjut. Malah ketika seorang wanita sedang mengandung, biasanya lebih cepat tumbuh tahi lalat. Dalam kondisi ini sel-sel pigmen memberikan respons terhadap perubahan kadar hormon. Sehingga membuat sel kulitnya lebih peka untuk membentuk titik hitam.

Bila memiliki tahi lalat negatif
Bagi Anda yang mempunyai tahi lalat bersifat negatif, jangan langsung panik. Tidak berarti tahi lalat tersebut harus segera dihilangkan. "Semua itu hanya pemaknaan. Sikap positif tetap harus muncul dari hati orang itu, bukan tahi lalatnya," kata Zhou Sung Hung, pakar tahi lalat.

Ada saja orang yang tidak suka dengan tahi lalat di wajahnya, sehingga dia selalu tidak percaya diri. Nah, di sinilah aura negatif itu akan muncul. Setiap kali bertemu dengan orang lain, dia selalu gelisah. Orang yang memandangnya pun ikut tidak enak. Jadi semua itu tetap berpulang kepada diri kita masing-masing. Jangan terpengaruh melihat penampilan orang lain, misalnya ada artis terlihat cantik tanpa tahi lalat di wajahnya, karena alasan tersebut Anda ikut-ikutan menghilangkan tahi lalat yang ada di wajah.

Tetapi jika Anda memutuskan untuk menghilangkan tahi lalat dengan alasan yang sudah tepat, Zhou mempunyai cara cepat dan tidak menimbulkan sakit.Hanya dengan serbuk dan ramuan herbal dari Tiongkok, titik hitam itu akan rontok dalam waktu 3 hari. "Biayanya sebesar Rp 100 ribu," tutur Zhou.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi: Mangga Dua Square, GF Blok A17-06. Telepon: 021-935 66695.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com