Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senyuman Mona Lisa Isyaratkan Sakit Kolesterol?

Kompas.com - 07/01/2010, 11:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Selama berabad-abad, para ahli sejarah seni kerap kesulitan menginterpretasi senyuman misterius Mona Lisa dalam lukisan potret karya Leonardo da Vinci itu. Namun menurut analisis medis seorang dokter ahli di Italia, lukisan itu juga mengisyaratkan bahwa Mona Lisa mengidap masalah kolesterol yang kelewat tinggi.

Dr Vito Franco, pakar dari Universitas Palermo, menilai gadis cantik dalam lukisan itu dalam kondisi tidak sehat. Dalam pandangan Franco, ada tanda-tanda yang jelas  terhadap penumpukan asam lemak di bawah kulit Mona Lisa, yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang sangat tinggi.

Dr Franco juga mengindikasikan bahwa Mona Lisa tampaknya mengidap lipoma pada mata kanannya. Lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada di bawah kulit yang terdiri dari lemak. Biasanya lipoma dijumpai pada usia lanjut (40-60 tahun), tetapi juga dapat dijumpai pada anak-anak.

Menurut Dr Franco, analisis medis yang dilakukannya dapat mengungkap banyak hal ketimbang tinjauan secara artistik. "Penyakit itu terdapat di dalam tubuh, tidak memiliki dimensi metafisik atau supranatural," papar dr Franco seperti dikutip surat kabar La Stampa.

"Orang yang digambarkan lewat karya seni menunjukkan ciri fisiknya, menyampaikan kepada kita sisi lemah kemanusiaannya tanpa dipengaruhi kesadaran seniman terhadapnya," tambahnya.

Dr Franco, profesor anatomi patologis di Universitas Palermo, memaparkan temuannya dalam konferensi kedokteran di Florence.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com