Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awasi Sodium dalam Makanan Anda!

Kompas.com - 02/02/2010, 10:39 WIB

KOMPAS.com — Sodium merupakan bagian dari garam yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh. Sodium juga dibutuhkan otot dan transmisi impuls saraf agar berfungsi dengan baik. Meski begitu, asupan sodium tak boleh melewati batas supaya tak merugikan tubuh kita.

Untuk orang dewasa, takaran sodium yang direkomendasikan adalah 2.400 mg per hari atau kurang dari satu sendok teh. Jika sodium terlalu banyak dapat meningkatkan aliran dan tekanan darah sehingga bisa membuat tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi akan berpengaruh pada munculnya gangguan ginjal, penyakit jantung, dan stroke.

Sodium banyak terdapat pada french fries, apalagi kalau kita senang memakai shakers, ayam goreng, burger, segala jenis snack, keripik kentang, dan mi instan.  Anda juga perlu tahu bahwa sodium bersembunyi di berbagai makanan yang setiap hari kita konsumsi. Apa saja?

1. Makanan beku
Makanan beku memang memudahkan Anda yang sibuk dalam penyajian. Namun, berhati-hatilah, makanan jenis ini mengandung banyak sodium.

2. Sereal
Sereal memang kaya serat dan baik untuk tubuh. Akan tetapi, beberapa merek sereal mengandung lebih dari 266 mg sodium per mangkuk.

3. Makanan dalam kaleng
Sayuran dan buah dalam kaleng juga mengandung zat ini. Jagung manis kalengan, misalnya, bisa mengandung 730 mg sodium.

4. Bumbu penyedap
Beberapa penyedap, seperti soy sauce, garlic salt, spagheti sauce, atau teriyaki sauce, mengandung sodium sekitar 1.000 mg.

5. Garam
Jika kita terbiasa memakan bakso di warung pinggir jalan, biasanya garam meja yang disediakan pun mengandung sodium. Pastikan jumlah yang dikonsumi tidak berlebihan karena Anda mungkin mengonsumsi berbagai jenis makanan lain yang juga mengandung sodium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com