Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Treadmill vs Jalan Biasa

Kompas.com - 15/02/2010, 15:49 WIB

KOMPAS.com - Dengan tujuan membuat tulang semakin kuat, apakah treadmill sama baiknya dengan berjalan biasa dalam meningkatkan kepadatan tulang?

Jawabannya : Ya. Apakah kita melakukan jalan mengelilingi komplek rumah atau berjalan di atas treadmill, kedua teknik ini sama-sama merupakan aktivitas yang bertujuan untuk menguatkan tulang kita.

“Untuk memperkuat tulang, kita perlu menggerakan otot dan tulang kita berlawan dengan gaya gravitasi,” ujar Wayne L.Westcott, PhD, direktur penelitian fitness dari the South Shore YMCA di Quincy, MA. Hasilnya, tulang akan bisa beradaptasi dengan berat badan kita dan penarikan pada otot akan membuat produksi sel semakin banyak serta menjadikan tulang kita semakin kuat.

Kita cenderung memilih berjalan di tanah beraspal atau beton dari pada di tanah liat. Walupun baik bagi tulang, namun  berjalan di permukaan yang keras akan memberikan pengaruh dan tekanan berlebih pada otot dan tulang kita, sehingga lebih mudah memicu terjadinya cidera pada kaki saat berjalan.

Bagaimanapun cara dan permukaan berjalan yang Anda pilih, usahakan untuk selalu mengenakan sepatu olahraga berkualitas baik dengan fasilitas penyerap getaran serta sol tebal di bagian tengah. (PreventionIndonesia/Astrid Anastasia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com