Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rajin "Sit Up", tapi Kok Perut Masih Berlipat?

Kompas.com - 03/03/2010, 16:47 WIB

KOMPAS.com — ”Saya rajin sit up setiap baru bangun pagi, sebanyak 8-16 kali (1-2 sesi). Ini sudah saya lakukan selama hampir dua bulan. Tapi, perut saya tetap saja berlipat-lipat. Apakah ini artinya latihan sit up yang saya lakukan gagal? Lalu, latihan apa yang bisa membantu menghilangkan lemak di perut dan bisa dilakukan di rumah? Usia saya 30 tahun, tinggi 160 cm, dan berat 58 kg.” (Alyssa, via e-mail)

Tampaknya, usaha Anda kurang keras. Dr Soeharto, SpKO, DPH, spesialis kedokteran olahraga, menjelaskan bahwa melakukan sit up saja tak akan dapat mengurangi besar lingkar perut. Sit up memang akan memperbaiki otot perut, tetapi pengaruhnya sedikit sekali terhadap ketebalan lemak. Latihan yang tepat untuk perut yang berlipat akan lebih efektif apabila disertai upaya untuk mengurangi lemak secara keseluruhan, demikian saran Sekjen Perkumpulan Kedokteran AntiPenuaan Indonesia (PERKAPI) ini.

Untuk itu, Anda perlu mengukur jumlah keseluruhan lemak di tubuh Anda. Apabila ternyata kadarnya berlebih, berarti Anda harus mulai mengurangi asupannya. Pada saat yang sama, lakukan juga latihan beban pada otot perut ataupun otot-otot sekitarnya secara sistematis. Jika perlu, sertai dengan program diet yang bertotal kalori negatif apabila ditambah latihan. Artinya, jumlah kalori yang dibakar dengan latihan harus lebih besar daripada yang dimakan.

Selain itu, buatlah jadwal untuk mengukur ketebalan lemak secara berkala. Ini untuk mengetahui perubahan kadar lemak di tubuh Anda. Namun, melihat ukuran tinggi dan berat badan Anda, sebenarnya kondisi Anda tidaklah buruk dan mudah dikoreksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com