Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menelepon Sehat

Kompas.com - 01/05/2010, 17:04 WIB

KOMPAS.com — Berbicara dengan teman melalui ponsel memang mengasyikkan. Apalagi, bagi mereka yang hobi menelepon dalam waktu yang lama. Selain menghabiskan kocek Anda, menggunakan ponsel terlalu lama juga dikhawatirkan dapat memengaruhi kesehatan akibat efek radiasi. Berikut adalah beberapa kiat yang dapat Anda lakukan.

Batasi pemakaian ponsel hanya pada panggilan yang penting-penting dan bicaralah dengan singkat. Ingatlah bahwa pembicaraan melalui ponsel yang terlalu lama, apalagi sampai berjam-jam, dikhawatirkan mempunyai beberapa dampak buruk terhadap kesehatan. Namun, jika Anda memang harus melakukan panggilan yang lama, disarankan untuk memakai handsfree untuk keamanan.

Batasi penggunaan ponsel pada anak-anak. Sebaiknya anak-anak yang masih balita diperbolehkan memakai ponsel dalam keadaan darurat saja. Mengingat mereka masih dalam tahap perkembangan. Sebab, pengaruh dari radiasi dapat berpengaruh cukup besar terhadap mereka.

Jika Anda menggunakan ponsel tanpa handsfree, tunggulah sampai panggilan benar-benar terkoneksi sebelum menaruh ponsel di telinga untuk melakukan pembicaraan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi radiasi ponsel semaksimal mungkin.

Sebaiknya Anda tidak menggunakan ponsel di ruangan yang tertutup bahan logam atau baja, seperti di dalam mobil. Sebab, dalam ruangan seperti ini, ponsel harus bekerja keras menstabilkan koneksi sehingga radiasi meninggi. Selain itu, ada kemungkinan radiasi memantul kembali ke pengguna di ruangan yang didominasi bahan baja.

Selain itu, sebaiknya Anda hindari menggunakan ponsel ketika kekuatan sinyalnya hanya satu bar (batang) atau kurang. Sebab, dalam kondisi seperti itu, ponsel harus bekerja keras untuk menstabilkan koneksi sehingga radiasi bertambah besar. Selamat menelepon sehat.

(INO/Kompas Klasika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com