Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Mendadak Kena PHK

Kompas.com - 07/05/2010, 12:59 WIB

KOMPAS.com - Kondisi perekonomian amat tak bisa diprediksi. Kita bisa saja berpikir bahwa posisi kita di perusahaan sudah aman, namun, siapa yang bisa memperkirakan masa depan? Saat ini, persaingan mencari pekerjaan amat sempit. Sudah makin banyak pencari kerja yang baru saja keluar dari sekolah yang bersedia dibayar dengan upah rendah, tapi dengan tanggung jawab besar, plus memiliki kualifikasi tinggi. Karenanya, tak ada salahnya untuk mulai membenahi diri dan coba mengambil waktu untuk memikirkan tentang karier Anda.

Jika suatu waktu Anda terkena PHK, dan agar kehidupan karier Anda tetap berjalan seusainya, ada baiknya secara jujur menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apa prestasi Anda?
Menuliskan serangkaian tanggung jawab dari posisi terdahulu memang perlu, dan ini wajib bagi setiap pelamar untuk mencantumkannya di curriculum vitae-nya (CV).

Jika Anda tak hanya menjalankan tugas utama, tapi berhasil mencapai prestasi yang berpengaruh pada perkembangan perusahaan tempat Anda bekerja, prestasi tadi patut ditonjolkan.

Siapkah Mengundurkan Diri?
Terkadang, langkah terbaik karier adalah dengan mengundurkan diri dari tempat kerja saat ini. Meskipun tidak mudah, pindah ke posisi lebih rendah akan membuat Anda bisa menerapkan keterampilan, dan memperkecil dilema.

Sehingga, Anda bisa membangun keberhasilan dalam skala lebih kecil dan tertantang untuk menguji strategi baru. Mengundurkan diri bisa membuat Anda tumbuh dalam cara yang baru.

Saatnya Berubah Haluan?
Anda mungkin menjalani karier yang bukan pilihan Anda. Sebenarnya, ada banyak orang meraih cita-cita yang diinginkannya. Tapi, seringkali mereka berada di satu tempat karena ketaksengajaan.

Kini, Anda dihadapkan pada status pengangguran. Bukankah ini merupakan momen untuk sungguh-sungguh memikirkan apa yang ingin dilakukan? Mungkin saja ada suatu hikmah di balik kondisi ini, dan siapa tahu, Anda menemukan karier baru yang sama sekali berbeda dari sebelumnya, bahkan membuat karier Anda makin menanjak.

(Aline/Tabloid Nova)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com