Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentang Bulu Mata

Kompas.com - 15/05/2010, 22:27 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat bulu mata anak-anak yang terlihat panjang dan lentik? Cantik, ya? Lalu bertanya-tanya, mengapa bulu mata Anda terlihat pendek atau bahkan rontok? Jangan salah, bisa jadi penyebabnya adalah Anda sendiri.

Bulu mata memiliki fungsi untuk memproteksi mata agar tidak kemasukan benda-benda asing. Selain itu, bulu mata juga bertindak seperti antena yang menutup seketika jika merasa akan ada yang mendekati bola mata sekaligus menstimulasi refleks mengedip.

Rata-rata, bulu mata bertahan hingga 3 bulan hingga akhirnya gugur dan digantikan dengan lembar yang baru. Kita terlahir dengan sekian jumlah folikel bulu mata, dan jumlah folikel tersebut tidak berkurang seumur hidup kita.

Waktu dan perlakuan kasar bisa merusak bulu mata, sehingga sulit untuk tumbuh setebal dan sepanjang saat masih kecil dulu. "Penyebab rontoknya bulu mata bisa sama dengan penyebab rontoknya rambut di kepala," terang Jeannette Graf, MD, dermatolog dari New York. Artinya, stres dan diet yang buruk bisa berdampak pada bulu mata Anda. Begitu pula masalah tiroid, radang kelopak mata, dan kemoterapi.

Alasan lainnya, adalah: Anda. Jika Anda tidak merawat bulu mata, maka perlahan tapi pasti, deretan rambut pada kelopak mata Anda itu akan rontok. Tidur dengan maskara yang belum dibersihkan (kekakuan yang diakibatkan oleh maskara bisa merusak bulu mata), menggaruk atau menggosok kelopak mata terlalu keras, bahkan menggunakan maskara water-proof (karena bisa membuat bulu mata kering) akan merontokkan bulu mata.

Proses menghapus maskara, khususnya formula water-proof bisa menyebabkan kerontokan bulu mata. Mengenakan maskara terlalu lama pun bisa menyebabkan maskara mengering dan mengeras, sehingga sulit untuk dihapus. Menurut Graf, akar bulu mata sangat sensitif dan mudah rusak karena kebiasaan sehari-hari kita.

Jika folikel bulu mata rusak parah, ia akan berhenti memproduksi rambut. Merusaknya dengan kondisi menengah bisa membuat bulu mata rentan, tipis, dan pendek ketika tumbuh kembali. Ketika akar bulu mata terluka, Anda tak bisa menumbuhkannya secara alami kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com