Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaga Bulu Mata Tetap Sehat

Kompas.com - 15/05/2010, 22:40 WIB

KOMPAS.com - "Penyebab rontoknya bulu mata bisa sama dengan penyebab rontoknya rambut di kepala," terang Jeannette Graf, MD, dermatolog dari New York. Artinya, stres dan diet yang buruk bisa berdampak pada bulu mata Anda. Begitu pula masalah tiroid, radang kelopak mata, dan kemoterapi.

Alasan lainnya, adalah: Anda. Jika Anda tidak merawat bulu mata, maka perlahan tapi pasti, deretan rambut pada kelopak mata Anda itu akan rontok. Tidur dengan maskara yang belum dibersihkan (kekakuan yang diakibatkan oleh maskara bisa merusak bulu mata), menggaruk atau menggosok kelopak mata terlalu keras, bahkan menggunakan maskara water-proof (karena bisa membuat bulu mata kering) akan merontokkan bulu mata.

Jika Anda menjaga kondisi kesehatan tubuh dan makan makanan yang sehat, bulu mata Anda pun akan terlihat cantik dan sehat. Untuk merawatnya sehari-hari, lakukan hal berikut:

- Gunakan penghapus maskara yang lembut. Tepuk-tepuk perlahan maskara pada bulu mata untuk membuatnya lunak, dan terangkat sendirinya. Jangan menggosok atau menarik bulu mata untuk menghapus maskara.
- Jangan pernah mencoba mencabut bulu mata.
- Jika Anda menggunakan alat pengeriting bulu mata, pastikan Anda tidak menjepit atau menarik kelopak mata Anda.
- Pada saat mengaplikasikan maskara, perhatikan, pastikan jangan ada gumpalan pada saat maskara masih dalam keadaan basah agar mudah disisir. Maskara yang menggumpal akan sulit untuk dihapus, membuat Anda harus menggosok kapas dengan keras yang bisa berakibat fatal.
- Gantilah maskara Anda setiap 3-6 bulan sekali. Kuman bisa mengkontaminasi maskara, yang berakibat pada infeksi.
- Jika Anda menderita penyakit pada mata, gantilah atau sterilkan segala hal yang pernah berkontak dengan daerah mata Anda, karena hal-hal tersebut bisa berisiko menyebabkan infeksi yang menyebabkan masalah lebih parah ketimbang bulu mata rontok.    

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com