Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Epilepsi Bisa Kambuh Kapan Saja

Kompas.com - 21/06/2010, 10:15 WIB

KOMPAS.com — Serangan epilepsi bisa muncul kapan saja tanpa mengenal tempat. Seperti yang dialami Calvin (28), warga Taman Sari, yang mengalami serangan epilepsi saat sedang mengendarai mobil hingga menyerempet puluhan peserta jalan santai dalam rangka peringatan bulan Bung Karno di Jakarta, Minggu (20/6/2010) kemarin.

Manifestasi epilepsi bisa berupa kejang atau kehilangan kesadaran sekejap. "Kejang bisa muncul kapan pun dan di mana saja, termasuk saat menyetir atau berenang," kata dr Andreas Harry, SpS (K), ahli saraf, saat dihubungi Kompas.com.

Epilepsi, menurut Mayo Clinic, adalah gangguan berupa pola abnormal dari aktivitas sel-sel otak, mirip dengan hubungan pendek listrik. Sinyal yang abnormal tadi menyebabkan terjadinya perubahan sementara pada sensasi perilaku, gerakan, atau kesadaran.

Kendati bisa membahayakan, sebenarnya serangan epilepsi bisa dikendalikan dengan obat-obatan. "Fungsi utama obat-obatan epilepsi adalah melapisi sel-sel otak agar tidak terjadi kontak. Kalau ada kontak, akibatnya adalah kejang," papar dr Andreas.

Pemilihan obat berikut dosisnya harus dilakukan di bawah pengawasan dokter. "Jenis obatnya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Yang penting pasien harus disiplin minum obat agar epilepsinya tak kambuh," ujar dokter yang berpraktik di RS Gading Pluit, Jakarta, ini.

Dengan dikendalikannya serangan epilepsi, penyandang epilepsi bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik, berprestasi di sekolah maupun di tempat kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com