Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mimisan tak Selalu Ringan

Kompas.com - 23/06/2010, 10:23 WIB

Kompas.com- Pada anak-anak mimisan termasuk hal yang umum terjadi, meski tak urung kadang membuat orangtua bingung, bahkan panik. Memang perlu waspada terutama jika mimisan sulit dihentikan. Mungkin itu bukan merupakan gejala kondisi ringan, misalnya gangguan pembekuan darah.

Mimisan, dalam bahaya kedokteran disebut epistaksis, bukan penyakit, tapi gejala suatu penyakit. "Mimisan merupakan gejala keluarnya darah dari hidung yang dapat terjadi akibat kelainan lokal pada rongga hidung atau karena kelainan yang terjadi di tempat lain dari tubuh. Kelainan lokal dapat berupa trauma misalnya mengorek hidung, terjatuh, terpukul, benda asing di hidung, dan iritasi gas yang merangsang," papar Dr. Tiara Aninditha, Sp.S.

Sebab lokal yang lain adalah infeksi hidung dan organ sekitarnya, tumor jinak dan ganas, perubahan lingkungan yang mendadak, misalnya perubahan tekanan atmosfer pada penerbang dan penyelam, benda asing yang masuk ke hidung, dan penyebab yang belum diketahui.

Kelainan di bagian tubuh yang lain yang bisa menyebabkan mimisan, antara lain penyakit jantung dan pembuluh darah seperti hipertensi dan kelainan pembuluh darah, kelainan darah seperti turunnya kadar trombosit, gangguan pembekuan darah, serta leukemia.

"Infeksi di seluruh tubuh seperti demam berdarah, gangguan hormonal, dan kelainan bawaan juga bisa menyebabkan mimisan," ujar dokter spesialis saraf dari RS Ciptomangunkusumo ini.

Memang penyebab mimisan sangat banyak dan kompleks, baik yang ringan (tidak perlu penanganan lebih lanjut) maupun yang berat (harus mendapatkan penanganan khusus). Itu sebabnya perlu pemeriksaan yang cermat pada pasien mimisan agar tepat pengobatannya.

Pembuluh darah tipis

Mimisan terjadi akibat pleksus kieselbach, pembuluh darah di hidung bagian tengah, pecah. Anyaman jaringan pernbuluh darah ini memang yang sangat halus dan tipis. Pada anak-anak, pembuluh ini mudah berdarah terutama kalau ada infeksi di hidung. Infeksi membuat pembuluh darah yang tipis ini melebar dan tersenggol sedikit saja akan mudah pecah. .

"Faktor keturunan dan perubahan cuaca dapat menyebabkan mimisan. Prinsipnya sama dengan infeksi, cuaca dingin atau hujan menyebabkan hidung anak mengalami flu serta pembuluh darah di hidung melebar dan tipis. Ketika anak menggosok hidungnya, pembuluh darah ini gampang sekali pecah," paparnya.

Sebagian besar mimisan pada anak tidak berbahaya. Selama anak terlihat sehat dan aktif, juga tidak disertai gejala lain seperti misan umumnya berkurang sesuai pertambahan usia. Semakin tambah usia, pembuluh darah dan selaput lendir di hidung makin kuat, sehingga tak mudah berdarah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com