Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seusai Keguguran Jangan Tunda Kehamilan

Kompas.com - 07/08/2010, 08:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS — Perempuan yang mengandung dalam enam bulan setelah keguguran memiliki peluang untuk hamil sehat tanpa komplikasi dibandingkan perempuan yang menunggu lebih lama.

Mereka memiliki kemungkinan lebih kecil untuk keguguran lagi dan menjalani operasi caesar, melahirkan prematur, atau memiliki bayi yang berat badannya di bawah standar.

Penemuan itu dipublikasikan di jurnal British Medical. Penemuan itu bertolak belakang dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menganjurkan agar perempuan hamil yang keguguran menunggu minimal enam bulan sebelum hamil lagi, sedangkan pakar kesehatan lain menganjurkan lebih lama lagi.

Ketua peneliti Sohinee Bhatcaharya dari Rumah Sakit Ibu Anak Abeerden di Skotlandia mengkaji catatan medis lebih dari 30.000 perempuan di Skotlandia yang mengalami keguguran pada kehamilan pertama dan hamil lagi antara 1981 dan 2000.

”Penelitian kami menunjukkan bahwa perempuan yang hamil dalam enam bulan dari keguguran pertama memiliki hasil yang baik dan tingkat komplikasi terendah dalam kehamilan berikutnya. Tidak perlu menunda kehamilan setelah keguguran,” kata Bhatcaharya.

Diperkirakan, satu dari lima kehamilan berakhir dengan keguguran sebelum usia kandungan 24 minggu. (AFP/ELN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com