Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Anak Saya Selalu Tidur Larut Malam?

Kompas.com - 25/08/2010, 09:31 WIB

TANYA :  Dokter, anak saya seorang perempuan, sekarang baru berusia 19 bulan. Dia susah sekali tidur bila waktu malam tiba. Paling awal tidurnya jam 11.00, kadang  jam 01.00 dini hari baru tidur. Yang dia lakukan adalah bermain dengan mainannya, kadang pengen suka nonton cd kesukaannya.

Daya nalarnya tinggi dan tidak rewel, tetapi bikin saya stres karena sudah capek kerja harus begadang dan sering kesiangan masuk kerja. Coba saya tanya ke yang lain, anak seusianya tidurnya paling antara jam 7 - 8 Apakah anak saya mengalami kelainan dok? Mohon penjelasan dokter, terima kasih.

(Frediana 26) JAWAB :  Jadwal tidur anak sebenarnya dipengaruhi oleh faktor kebiasaan orangtua dalam mendidik dan membiasakannya tidur pada waktu tertentu. Kebiasaan itu lambat laun akan menetap dan menjadi jadwal tidurnya.

Kebiasaan tidur terlalu malam juga dapat disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan atau "ritual" yang dilakukan sebelum tidur, seperti yang mungkin sering dilakukan untuk si kecil yaitu menonton cd kesayangannya. Faktor lain yang mungkin mempengaruhi adalah rasa lapar, orangtua yang bekerja dan pulang ke rumah pada waktu malam hari sehingga ia terbiasa menunggui ayah ibunya sampai di rumah untuk dapat bercengkerama, dan sebagainya.

Waktu tidur untuk anak seusia si kecil memang berkisar antara 7-10 jam sehari. Cobalah untuk secara perlahan mengubah/menghilangkan kebiasaannya untuk bermain/menonton vcd sebelum tidur. Mulailah menetapkan "peraturan" waktu tidur, yaitu dengan mencoba menerapkan peraturan (tentu sesuai dengan tingkat pemahamannya) pada saat itu ia sudah ada di tempat tidur dan mencoba tidur, mungkin membantunya dengan membacakan cerita pendek sebelum tidur. Demikian, semoga penjelasan ini dapat membantu memecahkan masalah si kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com