Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gel Pencuci Tangan Bikin Rajin Kerja

Kompas.com - 26/08/2010, 14:12 WIB

Kompas.com - Kuman penyakit mudah sekali beredar di lingkungan kantor. Tak heran bila satu karyawan sakit, dengan cepat pula rekan kerjanya tertular. Hal ini tentu bisa mengurangi produktivitas kerja. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan menyediakan lebih banyak cairan pembersih tangan (hand sanitizer) di kantor.

Penelitian yang dilakukan para ahli dari Jerman menyebutkan, kebiasaan mencuci tangan dengan cairan pembersih tangan antibakteri mengandung alkohol efektif mengurangi angka penyakit flu, demam serta batuk di lingkungan kantor. Tentu saja hal ini bisa mengurangi angka cuti sakit para karyawan.

Selama 13 bulan, para peneliti mengamati kesehatan 129 pegawai pemerintahan. Separuh responden diminta tetap melakukan kebiasaan mencuci tangan seperti biasa, sedangkan responden lainnya diberi cairan pembersih tangan dan diminta membersihkan tangannya minimal lima kali dalam sehari.

Pada setiap akhir bulan, para responden mengisi kuosioner mengenai ada tidaknya gejala beberapa penyakit, seperti pilek, sinusitis, radang tenggorokan, demam, batuk, bronkitis, influenza, diare, dan penyakit lain yang bisa membuat penderitanya tidak masuk kantor selama beberapa hari.

Ternyata, menggunakan cairan pembersih tangan efektif untuk mengurangi angka ketidakhadiran para karyawan akibat penyakit flu, demam, diare, atau pilek. Membersihkan tangan dengan air dinilai hanya efektif untuk membersihkan kotoran, namun untuk menghilangkan kuman, hand sanitizer lebih efektif.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com