Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Cewek Suka Hipnotis

Kompas.com - 27/08/2010, 15:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hipnotis kerap dihubungkan dengan aksi kejahatan. Namun, delapan tahun belakangan, peminat hipnotis adalah wanita.

"Delapan tahun belakangan ini, peminat hipnotis di sekolah saya adalah wanita," kata Mardigu Wowiek Prasantyo, praktisi hipnoterapi, saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Jumat (27/8/2010).

Menurut Mardigu, fakta itu memang menarik. Sekitar 60 persen wanita yang datang ke sekolah hipnotisnya—Hipnotoze Training Institute of Indonesia (HTI)—bermotif untuk slimming (menguruskan badan).

"Misalnya mereka biasa konsumsi minuman kaleng yang banyak mengandung gula. Dengan hipnotis, praktik selama tiga bulan mereka minum air putih yang berasa minuman kaleng. Dan sukses jadi kurus," kata Mardigu.

Selain untuk menguruskan badan, para wanita ini belajar hipnotis untuk mengetahui pasangannya agar jujur. Hipnotis ini juga dipakai untuk keterampilan berkomunikasi dengan anak mereka.

Belajar hipnotis memang mudah dan cepat. Memang membutuhkan mentor atau tenaga ahli. Namun, hal itu dapat dipelajari dalam satu hari selama 8 jam saja.

"Biasanya nanti berlanjut ke tahap belajar yang lebih tinggi, yakni pengendalian diri. Untuk sesi ini dibutuhkan 16 jam selama 2 hari. Misalnya mengatasi stres, fobia ketinggian, trauma, panik, insomnia, dan lainnya," kata Mardigu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com