Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Rambut Memasuki "Musim Gugur"

Kompas.com - 04/09/2010, 09:03 WIB

Kompas.com - Rambut rontok bisa bikin resah. Tak hanya wanita, pria pun mengkhawatirkannya. jangan-jangan kepala jadi botak jika terus-menerus rontok. Namun, tak perlu panik karena tidak semua kerontokan rambut patut dikhawatirkan.

Banyak wanita boleh iri pada kecantikan dan kesempurnaan fisik supermodel Naomi Campbell. Namun, tahukah Anda, bagaimanapun perempuan Inggris berusia 37 tahun ini tetap seorang manusia biasa yang mengalami kerontokan rambut. Dalam sebuah foto ada jejak kebotakan di kepalanya.

"Kemungkinan ia menderita traction alopecia-ringan," kata Leonora Doclis, seorang ahli rambut, tentang kerontokan yang dialami Campbell, kepada majalah Heat. Kebotakan ringan itu terjadi karena perlakuan hair extension, pengeritingan, dan macam-macam hal lainnya. Perlakuan sadis juga dilakukan Victoria Beckham. Istri David ini dikenal sering "menyiksa" folikel rambutnya selama bertahun-tahun. Akibatnya, sekarang mulai timbul jejak kebotakan seperti yang berhasil dijepret seorang paparazzi.

Buat kita yang tak pernah "menyiksa rambut", kerontokan tak perlu dicemaskan. Tak perlu bingung jika helaian-helaian rambut tersisa di saringan saluran pembuangan air di kamar mandi atau tertinggal di bantal.

"Kerontokan rambut itu normal jika tak lebih dari 100 helai per hari," kata tim dokter Ristra House, rumah kecantikan milik Dr. Retno Tranggono, Sp.KK.

Setiap hari rambut di kepala kita rontok sekitar 40-120 lembar. Ini normal karena rambut akan tergantikan. lumlah total rambut di kepala ada 100 ribu lembar.

Kerontokan total, menurut British Association of Dermatologist, terjadi kalau kita mengalami kerontokan misalnya 100 lembar per hari selama 1.000 hari tanpa pertumbuhan rambut kembali. Siklus pertumbuhan rambut merupakan cara kerja alam menjaga keindahan rambut.

Rambut istirahat

Siklus pertumbuhan rambut terbagi dalam tiga fase. Pertumbuhan (anagen) yang lamanya berkisar 2-5 tahun, fase istirahat (katagen) 2-4 minggu, dan fase kerontokan (telogen) sekitar 3-4 bulan.

Setelah fase itu selesai, dimulailah fase pertumbuhan baru. "Rambut yang rontok hanya sampai pada umbi rambut, sedangkan papil (bibit rambut) di bawahnya sudah menyiapkan rambut baru," kata tim dokter yang berhasil menumbuhkan rambut pasien kanker ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com