Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memperbaiki Postur Tubuh

Kompas.com - 24/09/2010, 08:37 WIB

Kompas.com - Postur tubuh ikut menentukan kesempurnaan penampilan. Mereka yang memiliki postur yang buruk, dikarenakan kebiasaan berdiri, duduk, mengangkat bahu atau memakai sepatu hak tinggi, sering mengeluhkan nyeri di bagian anggota gerak atau tulang punggung.

Untuk mengatasinya, Anda harus mulai memiliki sikap tubuh yang benar dan melakukan latihan penguatan otot. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoreksi postur tubuh yang buruk.

1. Berkacalah Langkah pertama adalah mengetahui postur tubuh yang Anda miliki. Anda bisa melakukannya dengan berkaca pada cermin atau minta teman mengambil foto Anda dari samping. Bila ternyata bahu Anda agak bungkuk, cobalah untuk berdiri tegak. Tarik otot perut dan bokong ke dalam dan angkat dagu.

2. Duduk dengan lurus Bila Anda pekerja yang banyak menghabiskan waktu di belakang meja, biasakan untuk duduk dengan punggung menempel di kursi dengan kedua telapak kaki menempel di lantai. Usahakan kepala tegak dan mata fokus ke depan. Ini berarti layar komputer Anda tidak berada terlalu tinggi atau rendah. Pastikan paha sejajar dengan lantai dan kepala tidak menjulur ke depan.

3. Ganti sepatu Anda Sepatu hak tinggi (high heels) memang tampak cantik di kaki, namun tidak untuk postur tubuh Anda. Hindari memakai high heels terlalu sering dan lama. Para ahli kesehatan terus mengingatkan bahaya penggunaan high heels dalam jangka panjang untuk persendian. Sepatu yang disarankan untuk dipakai dalam waktu cukup lama adalah yang memiliki bantalan empuk, tidak terlalu sempit serta memiliki hak tidak lebih dari tiga sentimeter.

4. Lakukan latihan yang tepat Selain memperbaiki postur, latihan penguatan otot-otot perut, leher, bokong, serta punggung sangat diperlukan. Ikutilah kelas kebugaran. Bila perlu konsultasikan masalah postur Anda pada terapis atau dokter untuk memilih jenis latihan yang paling tepat.

5. Terus praktikkan Ingatlah selalu untuk mempraktikkan postur yang benar dengan selalu memperhatikan cara duduk dan berdiri. Untuk membayangkan postur yang benar, berdirilah tegak dengan membayangkan cuping telinga berada dalam satu garis lurus dengan daerah punggung kaki. Untuk memotivasi diri, tempelkan tulisan di layar komputer atau mobil Anda untuk mengingatkan Anda akan psotur tubuh yang benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com