Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemajuan Ditentukan Keberhasilan Atasi Kemiskinan

Kompas.com - 29/09/2010, 12:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Boediono mengakui, kemajuan suatu negara salah satunya sangat ditentukan oleh seberapa jauh negara tersebut berhasil mengatasi kemiskinan di masyarakatnya.

Proses demokrasi, kemajuan ekonomi dan stabilitas sosial serta keamanan tak mungkin bisa diatasi dan berlangsung dengan baik apabila kemiskinan masih tetap menghantui sebuah negara.

Demikian disampaikan Wapres Boediono saat membuka Konferensi Internasional ke-3 Corporat Social Responsibility (CSR) di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (29/9) siang ini. Tema acara ini "Membangun Kemitraan Berbagai Bidang untuk Kelanjutan Pembangunan". "Kemajuan suatu negara dan suatu bangsa akhirnya ditentukan oleh berapa sukses kita menangani masalah kemiskinan," tandas Wapres.

Menurut dia, tak hanya demokrasi yang bisa berkembang dengan baik, akan tetapi juga perekonomian yang tumbuh dan berkembang jika kemiskinan selalu ada dan bersama pemerintahh. "Begitu pula keadaan keamanan politik dan kondisi sosial tidak akan bisa teratasi dan tercipta stabilitas jika kita tidak menangani kemiskinan dengan baik," tambahnya.

Oleh sebab itu, lanjut Wapres penanggulangan kemiskinan tidak bisa harus saling menunggu agar pemerintah mengatasi masalah lainnya. "Akan tetapi, harus bersama-sama dengan sektor lainnya. Mengatasi kemiskinan adalah salah satu bagian dari tugas yang harus diselesaikan bersama-sama dengan masalah mendasar lainnya. Jadi, tidak saling menunggu," paparnya.

Wapres mengakui dirinya,mendapat tugas dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengkoordinasi percepatan mengentaskan kemiskinan. "Sekarang telah dibentuk Tim Nasional Percepatan dan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang mengkoordinasikan kegiatan dan program kemiskinan. Dan, kami ingin tim ini melakukan koordinasi dan sinergi dengan kegiatan di masyarakat dan dunia usaha untuk membantu masyarakat yang miskin," jelas Wapres lagi, seraya menyebutkan salah satu contoh program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri yang lama dijalankan pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com