Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Unik Memasak Nasi

Kompas.com - 05/10/2010, 08:17 WIB

KOMPAS.com — Nasi bagi orang Indonesia menjadi makanan utama. Nasi dari beras putih lebih banyak dipilih dan umumnya dikonsumsi utuh setelah dikukus. Di tangan koki selebriti Rachael Ray, nasi bisa dimunculkan di berbagai masakan. Rachael mampu mentransformasi nasi dalam hidangan bercitarasa China, Jepang, Meksiko, atau India. Selera lebih tergugah dengan variasi menu nasi dari berbagai jenis beras yang ada.

Pilih beras merah daripada beras putih

Versi beras yang satu ini sangat populer dan mudah serta cepat dimasak. Namun, nilai nutrisi beras putih masih lebih sedikit dibandingkan beras merah.

Beras merah lebih bernutrisi dan mengandung serat lebih tinggi. Menanak nasi dari beras merah lebih lama dibandingkan beras putih. Namun, bicara rasa, beras merah lebih kaya. Jika ingin diet, selalu sajikan nasi merah dalam hidangan rumah.

Rachael bisa menyulap nasi putih menjadi bahan utama membuat burger. Nasi putih tak hanya dimakan utuh apa adanya, tetapi divariasikan menjadi masakan istimewa.

Beras Arborio
Beras jenis ini berasal dari Italia yang digunakan untuk membuat risotto. Risotto banyak ditemukan di Italia Utara, yakni nasi yang dimasak dengan kaldu untuk memberikan rasa creamy. Beras yang pulen ini memiliki butiran beras lebih besar dan bundar jika dibandingkan dengan beras lokal.

Beras Basmati
Basmati adalah beras berbulir panjang dari India yang mengandung pati rendah, sangat harum dan menggugah selera. Dengan menggunakan Basmiati, Rachael memasak stoup (sejenis sop, hanya lebih kental) menjadi lebih bercitarasa.

Beras Pilaf
Pilaf adalah teknik pewarnaan beras dengan minyak atau mentega agar lebih coklat sebelum memasaknya dengan air. Beras jenis ini bisa disajikan dengan sayuran, kadang bersama pasta atau spageti, bahkan almond panggang. Beras Pilaf dimasak oleh Rachael dengan isi bayam dan keju.

Ganti nasi dengan Orzo sesekali
Jika bosan dengan nasi, meski sudah menyajikan variasi menu seperti halnya Rachael, pilih saja orzo atau pasta. Pasta adalah substitusi nasi yang juga menggugah selera. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com