Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Bedah Plastik, Cek Dulu Reputasi Dokternya!

Kompas.com - 18/10/2010, 09:43 WIB

Oleh Dr Marco Faria-Correa

Semakin tingginya jumlah pasien bedah kosmetik di dunia, khususnya di Asia, membuat para dokter bedah bermunculan dan kemudian melakukan tindakan operasi tanpa standar yang tepat. Adalah kewajiban setiap pasien untuk melakukan riset terlebih dulu dan mengenal reputasi dokter yang dipilihnya dengan baik!

Seorang ahli bedah yang baik tidak akan mengambil jalan pintas dan akan mematuhi standar perawatan yang ketat. Pasien harus diminta untuk melakukan pemeriksaan medis atau izin medis dari dokter pribadi mereka sebelum ahli bedah setuju untuk melakukan operasi.

Kondisi seperti alergi obat, tiroid, hipertensi, tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit jantung meningkatkan risiko komplikasi selama prosedur bedah plastik. Pilihan gaya hidup tertentu seperti merokok dan obat-obatan tertentu juga dapat meningkatkan risiko komplikasi maka standar pelayanan yang ketat dan menyeluruh harus dipatuhi.

Setiap operasi memiliki sejumlah risiko, yang mana tidak dapat dihilangkan, tetapi dokter yang bertanggung jawab akan melakukan yang terbaik untuk meminimalkan risiko dengan mengikuti secara ketat 'Standar Operasional Prosedur (SOP)' seperti daftar keselamatan bedah, mendokumentasikan time-out secara benar, tidak melakukan terlalu banyak prosedur pada pasien pada saat yang bersamaan, pemeriksaan menyeluruh secara tepat dan masih banyak lagi.

Titik awal yang baik bagi pasien untuk mengetahui apakah klinik atau rumah sakit dapat dipercaya adalah dengan mengecek akreditasi internasional RS tersebut. The Joint Commission International (JCI), misalnya, adalah salah satu contoh organisasi untuk itu.

Pasien juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang daftar keselamatan bedah dari website Organisasi Kesehatan Dunia. Informasi tersebut akan berguna bagi pasien, terutama selama tahap konsultasi karena di situs ini dapat dilihat nilai tingkat profesionalisme dari para dokter bedah.

Kita tahu bahwa setiap orang menyukai tawaran yang bagus. Tapi ingat, bedah plastik tidak segampang membeli perhiasan mahal. Meskipun sebagian pasien beruntung dan hanya menghadapi masalah kecil pascabedah kosmetik seperti kesulitan berekpresi pada wajah dan penyok kecil di bokong, sebagian pasien lainnya terpaksa membayar harga yang sangat mahal, yaitu kematian. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa latar belakang dokter bedah yang Anda pilih!

Marco Faria Correa adalah seorang ahli bedah plastik dari Brazil bersertifikat internasional yang berpraktek di Gleneagles & East Shore Medical Centre, Singapura.  Untuk informasi lebih lanjut tentang Dr Marco atau dokter lainnya, hubungi info@flyfreeforhealth.com ©FlyFreeForHealth2010

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com