Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Cara Pelihara Ginjal

Kompas.com - 27/10/2010, 12:35 WIB

KOMPAS.com — Ginjal merupakan bagian dari saluran kemih. Fungsi utama sistem organ yang kompleks ini adalah membuang kelebihan cairan dan produk sisa dari darah. Ginjal juga berfungsi sebagai kelenjar endokrin, yaitu menghasilkan hormon yang penting bagi pembentukan sel darah merah, mengatur tekanan darah, serta pembentukan tulang. Untuk menjaga agar ginjal selalu sehat, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1. Stop rokok Hasil studi yang dipublikasikan oleh American Physiological Society pada tahun 2007 menyimpulkan bahwa nikotin merupakan faktor utama yang menyebabkan gangguan ginjal.

2. Serba terkontrol Kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol harus selalu terkontrol berada takaran normal.

3. Sesuaikan pola makan Lihat kembali pola makan Anda dan ubah menjadi sehat, seperti menghindari soda terutama yang mengandung sirup jagung. Pilih padi-padian, buah, dan sayuran organik. Hindari makanan olahan, batasi garam, ganti daging penuh lemak dengan ikan atau daging putih tanpa lemak.

4. Singkirkan obat pereda nyeri Jika tidak terlalu memerlukannya, hindari mengonsumsi obat pereda nyeri, juga obat-obatan jenis nonsteorid atau NSAID. Atasi nyeri dengan cara alami, misalnya, pijat dan akupunktur.

5. Sehatkan pencernaan Tambahkan konsumsi probiotik, prebiotik, dan makanan kaya serat. Cara ini juga baik untuk mengurangi efek buruk pestisida yang ada pada makanan.

6. Segarkan tubuh Caranya dengan minum air sedikitnya 6-8 gelas air putih sehari.

7. Sering bergerak Jangan malas berolahraga. Jalan kaki 4-5 kali seminggu cukup untuk membantu menjaga kesehatan detak jantung, yang juga baik untuk ginjal Anda.

8. Sadari efek alkohol Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, salah satu masalah yang bisa berujung pada gangguan ginjal. Juga membuat orang sering berkemih sehingga berisiko mengalami dehidrasi.

9. Senyum dan bernyanyilah Intinya adalah melakukan hal menyenangkan setiap hari untuk meredakan stres. Anda bisa bermusik sambil bernyanyi, murah senyum, tertawa bersama keluarga ataupun teman. (GHS/rin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com