Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIMB Kucurkan Beasiswa Rp 5,6 Miliar

Kompas.com - 27/10/2010, 13:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk bekerjasama mengucurkan dana beasiswa bagi 50 mahasiswa S-1 berprestasi dari seluruh Indonesia. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh dalam sambutannya di Jakarta, Rabu (27/10/2010), berharap, beasiswa tersebut bisa membantu biaya fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar.

"Kebanggaan menerima beasiswa jangan disamakan dengan kesombongan. Menerima beasiswa ini harus menjadi sumber insipirasi bagi teman-teman yang lain," kata Nuh.

Sementara itu, James Rompas, Wakil Presiden Direktur CIMB Niaga mengatakan, bidang pendidikan saat ini masih menjadi fokus CIMB untuk menjalankan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaannya. Dalam tahapan selanjutnya, jika para penerima beasiswa telah menyelesaikan kuliahnya di jenjang S-1, mereka juga berkesempatan mengikuti program The Complete Bankers.

"Ini semacam training untuk mengerti cara bank beroperasi. Jika lulus training, tidak menutup kemungkinan untuk menjadi karyawan kami," lanjut James.

Adapun tahun ini total dana yang dikucurkan CIMB untuk program pendidikan adalah Rp 5,6 miliar. Kriteria penerima beasiswa diberikan kepada mahasiswa berprestasi yang kurang mampu dengan pendapatan orang tuanya di bawah Rp 2.000.000.

"Jika sudah mendapatkan beasiswa, mereka harus mempertahankan Indeks Prestasi (IP) sebesar 3,5. Jika terus menurun dari 3,5 maka secara otomatis beasiswa akan dicabut," kata James.

Pemberian beasiswa CIMB sudah dilakukan sejak 2006 lalu. Namun, kata James, kerjasama dengan Kemdiknas baru dilakukan sejak 2009.

"Tahun 2009 kami memberikan kepada 39 anak dan tahun ini kami berikan beasiswa kepada 50 anak. Rencana untuk 2011 akan kami berikan dengan jumlah lebih dari tahun ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com