Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakar Kalori dengan Menari

Kompas.com - 01/11/2010, 11:33 WIB

Ada penemuan menarik soal menari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penari profesional mampu membakar 260 kalori dalam satu jam, jumlah yang sama didapat dari berjalan cepat. Bahkan bagi penari bukan profesional, menggoyangkan tubuh membuat detak jantung jadi lebih baik dan meningkatkan keseluruhan kesehatan fisik juga bentuk otot. Hasil ini mirip dengan program pelatihan berjalan dan lari, demikian hasil studi terhadap 35 orang yang diteliti di Memorial Hospital di Rhode Island, Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, ada dua tarian kardio yang sangat baik bagi detak jantung Anda yaitu salsa dan capoeira. Mari kita ulas satu persatu.

Kardio Salsa Adalah latihan berdampak rendah namun memiliki intensitas tinggi yang menggabungkan koreografi musik latin yang tepat, cepat, seperti merengue, mambo, cha-cha, samba dengan langkah-langkah tarian aerobik tradisional, gerakan menangkap berulang-ulang, dan mengangkat kedua lengan. Sebagian besar gerakan pada tarian salsa berpusat pada otot bokong dan bagian tengah tubuh, serta banyak gerakan pada panggul dan kedua sisi pinggang.

Kardio Capoeira Salah satu seni bela diri dalam bentuk tarian yang digunakan para budak Brasil zaman dulu untuk mengelabui para pengawas mereka. Kini, olahraga berkeringat yang sangat menantang ini melibatkan pertarungan berat saling serang dan bertahan yang dapat dilakukan sendiri atau dengan seorang rekan. Selain itu, capoeira juga memerlukan banyak gerakan menendang dan memelintir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com