Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Statin Kurangi Risiko Kematian

Kompas.com - 10/11/2010, 10:59 WIB

Kompas.com - Kelebihan kolesterol dalam darah bisa menyebabkan penumpukan lemak yang menyumbat pembuluh darah. Hal ini bisa memicu serangan jantung dan stroke. Karena itu kadar kolesterol yang tinggi ini perlu dikendalikan lewat perubahan gaya hidup. Jika kadar kolesterol atau LDL terlalu tinggi maka disarankan menggunakan obat.

Sala satu jenis obat penurun kolesterol adalah obat golongan statin. Obat ini berperan dalam mensitetis kolesterol tubuh dengan memblokir suatu zat dalam hati yang diperlukan untuk membuat kolesterol. Akibatnya kolesterol tidak ada dalam sel hati sehingga tubuh mengambilnya dari darah. Obat ini efektif untuk menurunkan kolesterol total dan trigliserida.

Dalam sebuah perbandingan yang dilakukan tim peneliti dari Inggris dan Australia terhadap obat statin dengan terapi penurun kolesterol lainnya terbukti golongan statin dalam dosis tinggi mampu mengurangi risiko kematian dan serangan jantung hingga 13 persen.

Walau begitu, perlu diperhatikan juga efek samping dari penggunaan obat golongan statin ini dalam dosis tinggi. Efek samping yang sudah dilaporkan adalah kelemahan otot atau miopati. Pada beberapa kasus hal itu akan menyebabkan kerusakan otot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com