Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Gasquet Dipakai untuk Membela Contador

Kompas.com - 09/12/2010, 04:07 WIB

Madrid, Rabu - Pengacara pebalap sepeda Alberto Contador menggunakan keberhasilan naik banding petenis Richard Gasquet atas penggunaan kokain sebagai bagian dari pembelaan atas hasil positif tes doping Contador.

Andy Ramos, pengacara Contador, kepada The Associated Press, Selasa (7/12), mengatakan, sebuah keputusan atas kasus besar dalam dunia balap sepeda bisa terjadi kapan saja. Contohnya, ketika Komite Disiplin Federasi Balap Sepeda Spanyol menentukan larangan membalap selama dua tahun bagi Contador yang diketahui positif menggunakan clenbuterol.

Dalam kasus petenis Perancis itu, ujar Ramos, Gasquet lolos dari larangan bermain tenis tahun lalu yang dijatuhkan Badan Antidoping Dunia (WADA) dan Federasi Tenis Internasional setelah ia bisa membuktikan kokain itu tidak sengaja ada dalam tubuhnya. Dalam upaya naik bandingnya di Pengadilan Arbitrase Olahraga, Gasquet bisa membuktikan kokain itu ada dalam sistem tubuhnya setelah ia mencium seorang perempuan di sebuah kelab malam di Miami.

”Dalam kasus Contador, semua ahli yang bekerja sama dengan kami juga memastikan adanya clenbuterol dalam tubuh Contador terjadi karena kontaminasi, bukan karena hal lainnya. Apalagi, kadarnya juga kecil,” ungkap Ramos dalam wawancara per telepon dengan The Assoaciated Press.

Selain kasus Gasquet, pengacara Contador juga menggunakan contoh kasus yang sama dan dialami atlet lainnya untuk menegaskan pebalap sepeda berusia 28 tahun itu tidak secara sengaja mengonsumsi clenbuterol.

Contoh kasus lain yang dipakai adalah kasus Dimitrij Ovtcharov yang bebas dari kecurigaan doping yang dinyatakan Federasi Tenis Meja Jerman pada bulan Oktober. Pemain tenis meja asal Ukraina itu berargumen, daging terkontaminasi yang ia konsumsi di China membuat tes dopingnya atas clenbuterol positif.

Kandungan zat itu dalam sampel Ovtcharov sekitar 75 pikogram per mililiter. Sementara dalam sampel Contador sekitar 50 pikogram. Satu pikogram sama dengan sepertriliun gram.

Sementara pengacaranya tengah melakukan pembelaan, Contador saat ini ada di Fuerteventura, Kepulauan Canary. Ia tengah berlatih dengan timnya, Saxo Bank menyiapkan musim balapan sepeda 2011. Namun, apabila Contador dipastikan betul-betul bersalah, ia bisa kehilangan gelar juara Tour de France-nya. (AP/HLN)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com