Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permen Bukan Musuh Utama Gigi

Kompas.com - 23/12/2010, 10:40 WIB

Kompas.com - Gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan paling lazim. Meski banyak diderita anak-anak, namun gigi berlubang adalah  masalah seumur hidup bagi banyak orang. Apa saja faktor penyebab gigi berlubang?

Musuh terbesar bagi gigi adalah makanan yang mengandung gula dan zat pati, seperti karbohidrat. Bakteri dalam mulut akan mengubah sebagian gula dan karbohidrat yang kita makan menjadi asam. Bakteri dan asam yang dibektuknya menjadi endapan lengket, disebut plak gigi, yang menempel pada permukaan gigi.

Asam yang merusak dan terbentuk dalam plak menyerang mineral pada permukaan luar email gigi. Erosi yang ditimbulkan plak akan menciptakan lubang-lubang kecil pada permukaan email.

Kebanyakan orang mengira permen manis sebagai perusak utama gigi, padahal minuman berkarbonasi yang manis, seperti cola, lebih berbahaya karena karbonasi akan meningkatkan produksi asam dalam mulut. Beberapa studi juga menunjukkan minuman olahraga (sport drink) akan merusak enamel gigi karena kandungan gulanya.

Untuk mencegahnya, lakukan langkah berikut: - Kurangi konsumsi makanan manis, termasuk juga soft drinks dan sport drinks.

- Jangan terlalu sering ngemil karena akan meningkatkan kadar asam dalam mulut meningkat.

- Bila Anda sangat ingin makan sesuatu yang manis, pilihlah permen karet yang tak mengandung gula. Mengunyah akan meningkatkan produksi air liur yang secara alami membersihkan mulut dan menetralisir keasaman.

- Sikat gigi Anda dua kali sehari, sesudah makan dan sebelum tidur.

- Kunjungi dokter gigi Anda setiap 6 bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan dan membersihkan tumpukan plak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com