Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kombinasi Pasangan Subur: Supel dan Manja

Kompas.com - 27/12/2010, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda pria yang ingin punya banyak anak, carilah perempuan yang manja dan bergantung pada Anda. Jika Anda perempuan yang ingin punya banyak anak, cari pria yang ceria dan senang bergaul. Karena menurut penelitian, pria yang supel dan terbuka, serta wanita yang manja dan butuh pasangan untuk bersandar adalah kombinasi pasangan yang paling subur, begitu menurut laporan penelitian yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences.

Para peneliti memerhatikan hal ini pada masyarakat Senegal, Afrika. Masyarakat ini memberlakukan poligami dan tidak banyak menggunakan alat kontrasepsi. Namun, di mana pun asalnya, menurut rata-rata, pria yang ekstrovert cenderung menghasilkan lebih banyak uang dan lebih sering melakukan hubungan seks, tentunya, makin sering melakukan seks, makin tinggi pula kemungkinan untuk memiliki keturunan.

Penemuan ini, menurut Profesor Virpi Lummaa dari Sheffield University di Inggris mengatakan, hubungan antara keterbukaan seseorang dan jumlah angka keturunan yang dimiliki pria terdorong oleh efek bahwa orang yang supel itu berada pada kelas sosial yang tinggi.

Studi lain pada negara yang tingkat pertumbuhan penduduknya tak terlalu tinggi, seperti Amerika Serikat, negara yang penduduknya banyak menggunakan alat kontrasepsi menguatkan hubungan tersebut. Hal ini makin mengukuhkan bahwa efek kesupelan seseorang memang memiliki hal yang universal dan bisa jadi berlaku dalam berbagai masyarakat.

Lalu mengapa perempuan yang manja dan agak neurotik cenderung memiliki banyak anak? Diperkirakan, wanita yang semacam ini memiliki ketakutan dan butuh bersandar, sehingga sangat termotivasi untuk berhubungan badan dengan suaminya. Bagi pasangan yang tak menggunakan alat kontrasepsi, artinya makin banyak anak.

Bagi sebagian orang yang skeptis, mungkin bertanya-tanya, mungkin banyak anaklah yang menyebabkan seorang ibu jadi wanita yang neurotik. Ternyata tidak. Para penulis studi ini menyimpulkan bahwa sifat dasar wanita yang neurotik, manja,butuh sandaranlah yang bertanggung jawab atas banyaknya keturunan yang dimiliki, bukan sebagai konsekuensi karena banyak anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com