Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masturbasi Tak Ganggu Kesehatan

Kompas.com - 31/12/2010, 09:59 WIB

TANYA :

Dok, saya sering merasa tenang jika setelah melakukan masturbasi, apakah masturbasi dapat mengganggu kesehatan? Dan untuk pria lajang seperti saya apakah perlu adanya penjadwalan masturbasi agar hasrat seksual saya tersalurkan? Jika ya berapa kali sebaiknya masturbasi dilakukan dalam seminggu? Terimakasih..

Satria, 23, Kediri

JAWAB :

Masturbasi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan melakukan hubungan seksual. Bedanya, pada masturbasi tidak ada pasangan seksual, sehingga tidak menerima rangsangan dari orang lain, melainkan dari diri sendiri.

Karena itu pada masturbasi tidak ada keterlibatan emosi. Masturbasi tidak mengganggu kesehatan. Memang pada abad kedelapanbelas pernah beredar buku yang menjelaskan bahwa masturbasi dapat mengganggu kesehatan. Informasi salah itu yang sampai kini menjadi mitos tentang masturbasi. Sebaliknya, hubungan seksual tidak sehat justru menimbulkan akibat buruk bagi kesehatan.

Tidak perlu ada jadwal kapan harus melakukan masturbasi. Alasannya, aktivitas seksual ini sangat tergantung kepada dorongan seksual. Sama seperti hubungan seksual, juga tidak harus dilakukan sesuai jadwal yang ketat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com