Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begadang 4 Hari Timbulkan Halusinasi

Kompas.com - 04/01/2011, 15:29 WIB

Kompas.com - Para ahli memang belum mengetahui berapa lama manusia mampu bertahan tanpa tidur. Namun jika Anda tidak tidur selama 4 hari dalam seminggu Anda akan mengalami halusinasi.

Guinness World Records memang pernah mencatat rekor Randy Gardner (17) dari Amerika yang mampu terjaga hingga 264 jam di tahun 1964. Akan tetapi ia melakukannya dalam pengawasan ketat dari tim medis. Fisiknya dimonitor setiap jam oleh tim dokter.

Akan tetapi setelah empat hari tidak tidur, Randy mulai mengalami halusinasi. Ia merasa dirinya sebagai pemain football Paul Lowe dan memenangkan piala Rose Bowl.

Halusinasi yang dialami oleh orang yang tidak tidur merupakan hal yang biasa. Brit Tony Wright, yang pernah terjaga selama 11 hari di tahun 2007, mengatakan di hari kelima ia merasa melihat peri-peri dan orang kerdil berkeliaran di sekitarnya.

Walaupun bukti yang bersifat anekdotal itu jauh dari empiris, namun sulit melakukan penelitian dengan meminta partisipan tidak tidur selama itu. Dengan demikian agak sulit mencari bukti ilmiah mengenai testimoni tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com