Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Cabai Terus Naik

Kompas.com - 06/01/2011, 03:36 WIB

Tanahdatar, Kompas - Harga cabai merah di tingkat petani di Nagari Singgalang, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat, Rabu (5/1), mencapai rekor tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Harga cabai di salah satu sentra agrobisnis Sumbar itu Rp 55.000 per kilogram.

Kenaikan harga cabai yang tidak terkendali juga mendorong petani di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga, Jawa Tengah, harus ronda malam. Mereka menjaga tanaman cabai agar tidak sampai dicuri penjahat.

Sejumlah petani cabai di Tanahdatar mengatakan, kenaikan harga cabai terus terjadi menyusul kelangkaan pasokan di pasar, setelah para petani cabai di Pulau Jawa terdampak erupsi Gunung Merapi di Yogyakarta dan Gunung Bromo di Jawa Timur. Salah seorang petani cabai, Taswin Datuk Rajo Nankayo, mengatakan, sejak sekitar sebulan lalu harga cabai terus naik.

”Dari Rp 15.000 per kilogram (kg), sampai saat ini Rp 45.000 per kg. Naik terus,” kata Taswin.

Seorang petani cabai lainnya, Indosidi, mengatakan, saat ini di pasaran relatif tidak ada cabai yang berasal dari luar Sumbar.

Melambungnya harga cabai itu dikhawatirkan mengganggu pasokan dari kebutuhan cabai yang tinggi di Sumbar dan Riau. Riki Hendra Muyla dari Dewan Pengurus Wilayah Serikat Petani Indonesia (DPW SPI) Sumbar mengatakan, kebutuhan cabai di Riau dan Sumbar terutama dipasok dari para petani di sentra sayur-mayur di kaki Gunung Singgalang itu.

Namun, di Malang, Jawa Timur, melonjaknya harga cabai Rp 50.000-Rp 60.000 per kg tidak serta-merta membuat petani daerah itu mengeruk keuntungan besar.

Sampai dengan Rabu kemarin, harga cabai di berbagai daerah terus naik. Di Makassar, Sulawesi Selatan, harga cabai rawit di beberapa pasar tradisional menembus Rp 70.000 per kg. Harga itu merupakan yang tertinggi sejak terjadi lonjakan harga cabai di Makassar empat bulan silam.

Dua pekan terakhir, harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menjadi Rp 80.000-Rp 100.000 per kg dari biasanya Rp 25.000-Rp 30.000.

Di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tingginya harga cabai bahkan membuat harga bibit dalam persemaian naik hingga 300 persen. Sebelumnya, harga setiap 1.000 bibit cabai rawit Rp 12.500- Rp 15.000, saat ini menjadi Rp 40.000-Rp 50.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com