Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Bayi Terkecil di Bandung

Kompas.com - 15/01/2011, 00:12 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Tim dokter dari Melinda Hospital Bandung menyerahkan bayi terkecil yang mereka tangani selama tiga bulan di rumah sakit khusus persalinan itu, Jumat (14/1/2011).

Penyerahan bayi berusia tiga bulan yang sebelumnya lahir prematur dengan bobot 700 gram itu diserahkan oleh Pimpinan Melinda Hospital, Susan Melinda, kepada orangtuanya yang berkebangsaan Korea Selatan.

Bayi perempuan bernama Seo Yee Jin itu dilahirkan prematur dalam usia kandungan 27 minggu di Melinda Hospital pada 11 Oktober 2010 secara normal atau melalui persalinan biasa tanpa operasi.

Namun, kondisinya saat dilahirkan rentan dan berat badannya di bawah rata-rata bayi seusianya, yakni enam bulan dalam kandungan. Normalnya, bayi berusia enam bulan dalam kandungan sudah memiliki bobot 1 kilogram.

"Setelah dilakukan perawatan selama lebih dari tiga bulan, kondisinya akhirnya membaik dan hari ini saat diserahkan berat badannya 2,43 kilogram," kata Susan Melinda.

Penyerahan bayi tersebut dilakukan cukup istimewa kepada ibunya yang datang menjemput ke rumah sakit itu. Balon berwarna pink dibawa serta oleh perawat yang menggendongnya dan mengantarkan bayi itu rumah orangtuanya di Tangerang, Provinsi Banten.

"Bayi itu istimewa, selain terkecil yang kami tangani, juga selama tiga bulan melewati perawatan yang penuh dengan turun naik kondisinya. Namun, seluruh organnya termasuk matanya normal dan diharapkan bisa tumbuh normal," kata Susan.

Selama tiga bulan, bayi tersebut mendapat perawatan di boks inkubator. Selain melibatkan dokter anak, juga melibatkan dokter dalam dan mata. Pasalnya, kata Susan, bayi yang lahir prematur sangat rentan mengalami gangguan pada matanya.

Namun, bayi itu tumbuh baik meski sempat mengalami beberapa gangguan organ pada bagian tubuhnya, dan berkat kesigapan tim medis, semuanya bisa dilalui dan tertangani.

"Bayi ini merupakan bayi terkecil yang lahir di Melinda Hospital, sedangkan bayi lahir terkecil lahir di RS Hasan Sadikin Bandung dengan bobot 650 gram enam tahun lalu. Kami senang bisa melewati masa kritis bersama-sama, dan akhirnya ia bisa pulang ke rumah orangtuanya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com