Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gizi Buruk Ancam Generasi Mentawai

Kompas.com - 20/01/2011, 07:13 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Generasi hilang mengancam kehidupan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Hal itu menyusul kasus gizi buruk yang mendera ratusan anak-anak di bawah usia lima tahun yang menjadi korban tsunami di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Manajer Proyek Kesehatan Mitra Peduli Mentawai, Dr Louisa A Langi MSi, Rabu (19/1/2011) di sela-sela pertemuan mengenai percepatan pemulihan dini di Kepulauan Mentawai di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar di Kota Padang mengatakan hal itu sungguh mengkhawatirkan.

Menurut Louisa, berdasarkan hasil survei lembaga kemanusiaan SurfAid selama 18-22 November 2010 diketahui sebanyak 233 balita menderita gizi buruk.

Kata Louisa yang juga dosen tetap bagian gizi Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, hal itu diketahui berdasarkan antropometri (pengukuran) berupa perbandingan antara berat badan dan tinggi badan terhadap 583 orang balita.

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Judas Sabalagget, pada kesempatan yang sama belum bisa mengomentari hal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com