Anak Tidak Merangkak Tanda Gangguan? - Kompas.com

Anak Tidak Merangkak Tanda Gangguan?

Kompas.com - 20/01/2011, 07:26 WIB

TANYA:   Dokter, saya memiliki anak berusia setahun, laki-laki dengan berat 9 kg. Ia lahir  normal dok, dan sejauh ini jarang sakit. Yang ingin kami tanyakan, anak saya ini sudah mulai rambatan dan belajar jalan, tapi ia tidak merangkak. Saya pernah baca kalau anak yang tidak merangkak tandanya ada gangguan. Benarkah itu dok? Gangguannya seperti apa dan bagaimana penanganannya.  Terima kasih. Nadia (30), Pekalongan

JAWAB :

Tumbuh kembang seorang anak yang normal biasanya akan melalui tahap-tahap perkembangannya secara berurutan. Perkembangan sistem neuromotorik misalnya, seperti dimulai dari menegakkan/menggerakan leher atau kepalanya, kemudian bergerak miring ke kiri/kanan, tengkurap satu sisi, kemudian tengkurap dan berbalik kembali, merayap-merangkak dan seterusnya.

Bila ada satu/beberapa fase yang belum tercapai sesuai tingkatan usianya, atau terdapat fase yang terlewati, merupakan petanda awal adanya gangguan dari sistem neuromotorik dan sebagainya. Namun demikian bisa saja tumbuh kembangnya kemudian normal-normal saja.

Yang terpenting adalah melakukan pemantauan tumbuh kembang serta memeriksakan kondisi si kecil ke dokter sebagai upaya untuk mendeteksi dini terhadap kelainan yang mungkin terjadi.

EditorLusia Kus Anna
Close Ads X