Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apel, Sahabat Para Pesepeda

Kompas.com - 20/01/2011, 09:40 WIB

KOMPAS.com - Saat berolahraga, sebutlah misalnya ketika Anda mulai bersepeda dari rumah ke kantor, tenaga rasanya cepat sekali habis. Nafas ngos-ngosan, kaki pegal, tubuh rasanya lemas. Apakah hal ini disebabkan karena bersepeda telah menguras habis kebugaran Anda, atau Anda tidak mengasup makanan yang tepat untuk menambah energi sebelum berolahraga?

Kerri-Ann, pakar diet yang juga editor nutrisi untuk majalah Eating Well, mengatakan bahwa makanan yang kita konsumsi mempunyai manfaat ekstra selain mengisi simpanan energi dan cairan yang hilang selama Anda berolahraga. Beberapa jenis makanan juga bisa membantu Anda mendongkrak tenaga, menambah daya tahan, dan memulihkan diri dengan baik. Kerri-Ann lalu menyodorkan beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membuat sesi latihan lebih mudah:

Apel
Meskipun kesannya ringan, sebutir apel ternyata mampu mendongkrak daya tahan Anda saat latihan. Buah ini menjadi sumber antioksidan yang disebut quercetin. Nah, menurut sebuah studi, bila dikonsumsi dalam bentuk suplemen, quercetin membantu orang untuk bersepeda lebih lama. Quercetin membantu daya tahun dengan meningkatkan ketersediaan oksigen di dalam paru-paru. Buah lain yang mengandung quercetin adalah anggur.

Susu
Untuk apa sports drink, bila Anda bisa mengonsumsi susu untuk memulihkan tenaga setelah latihan? Baik susu tawar maupun susu cokelat mengandung campuran karbohidrat dan protein, sehingga baik untuk mengembalikan energi yang terkuras sebelumnya.

Yogurt
Yogurt tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan bakteri baik di dalam pencernaan. Latihan yang terus-menerus bisa menguras sistem kekebalan, membuat Anda rentan mengalami infeksi saluran pernafasan bagian atas. Probiotik, bakteri hidup dalam yogurt, menurut penelitian terbaru akan membantu Anda tetap sehat. Yogurt juga merupakan campuran seimbang karbohidrat dan protein. Nikmati yogurt usai berlatih untuk memulihkan energi Anda.

Madu
Menurut penelitian, karbohidrat campuran (makanan yang mengandung fruktosa dan glukosa) mempunyai keunggulan untuk menghasilkan glukosa sebagai pendongkrak energi selama latihan daya tahan. Anda bisa mencoba madu, karena seperti gula, secara alami madu juga memiliki kandungan fruktosa dan glukosa. Di samping itu, madu juga mengandung antioksidan dan vitamin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com