Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Olahraga Favorit Ibu Hamil

Kompas.com - 24/01/2011, 16:37 WIB

KOMPAS.com - Olahraga adalah hal yang baik untuk kesehatan seseorang. Namun, belakangan ini banyak yang khawatir berolahraga bisa membahayakan kandungan. Tetapi menurut Erika Lenkert, dalam bukunya, The Real Deal: Guide to Pregnancy, berolahraga bisa banyak manfaatnya bagi tubuh.

Studi dari The American College of Obstetricians and Gynecologists, berolahraga saat hamil bisa meningkatkan energi, melegakan konstipasi, kram kaki, kembung dan bengkak, meningkatkan semangat, relaksasi, menjaga postur tubuh dan kualitas tidur, membangun massa otot, mengkontrol diabetes, melawan sakit punggung, menambah stamina saat persalinan, serta membantu tubuh kembali ke bentuk semula lebih cepat.

Lenkert mencari tahu olahraga apa yang menjadi favorit para ibu yang sedang mengandung, berikut ini hasilnya:

1. Berjalan kaki
59 persen responden mengatakan lebih suka berjalan kaki, baik di atas treadmill maupun di luar ruangan.

2. Yoga atau prenatal yoga

32 persen para ibu yang ditanyakan mengatakan mereka suka melakukan posisi "downward dog" sebagai suatu pengalaman yang mengoptimalkan pengalamannya.

3. Seperti biasa
Sebanyak 16 persen responden mengatakan mereka akan melakukan kegiatan seperti biasa tetapi dibuat lebih hati-hati, merasakan gerak tubuh, serta menunggu perintah dokter.

4. Berenang
Karena berenang itu juga bentuk relaksasi, sebanyak 11 persen responden memilih olahraga ini.

5. Berlari kecil
Bagi ibu yang sudah memiliki anak kecil di rumahnya, kegiatan mengejar si kecil keliling rumah adalah hal yang cukup melelahkan dan terhitung sebagai olahraga.

6. Bersepeda, lari, atau joging

Sebanyak 9 persen responden ini mengatakan mereka memilih olahraga bersepeda untuk menjaga bentuk tubuh dan kesehatannya. Baik itu di atas sepeda statis maupun sambil berkeliling komplek rumah.

7. Aerobik air, berjalan di air, dan angkat beban
Sebanyak 6 persen ibu lebih memilih kegiatan di dalam air atau angkat beban.

8. Mesin eliptikal dan stairmaster

Sebanyak 4 persen calon ibu ini memiliki aktivitas aerobik atau alat pijak.

9. Mendaki atau Pilates

Sebanyak 3 persen dari para ibu memilih berjalan-jalan ke bukit atau melakukan olahraga Pilates bersama pelatih khusus.

10. Sisanya, sebanyak 1 persen, memilih latihan kekuatan, cross training, peregangan ringan, kelas hip hop, kelas toning, berkebun, membersihkan rumah, atau bekerja sambil berdiri.

Tentunya, pilihan dan kekuatan setiap orang berbeda-beda, jadi selalu menjadi pilihan bijaksana untuk membicarakan kondisi dan penyesuaian latihan yang terbaik untuk Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com